Usiaku Kini Genap Enam Tahun

“Mempertahankan tidak semudah membentuknya pertama kali”, itulah istilah yang digunakan ketika sebuah hubungan maupun “perkumpulan” berhenti di tengah jalan. Hal ini tidak berlaku bagi komunitas Jendela Jakarta. Tepat hari Sabtu, tanggal 29 September 2018, Jendela Jakarta memasuki tahun keenam sejak didirikan. Bukan waktu yang singkat untuk dilalui, dihadapkan dengan berbagai asam manisnya perjuangan sebuah komunitas. Namun, berkat sinergi antar relawan, antusias adik-adik, hingga dukungan dari berbagai pihak termasuk lingkungan dan donatur, enam tahun Jendela Jakarta menjadi momen kebahagiaan yang harus disyukuri bersama.

Sebagai wujud syukur, Komunitas Jendela Jakarta menyelenggarakan perayaan sederhana dengan mengangkat tema, “Sahabat Literasi”, sesuai dengan salah satu visi komunitas yakni turut berkontribusi untuk meningkatkan minat baca anak khususnya di lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengapresiasi perjuangan seluruh relawan, sekaligus mewadahi adik-adik asuh untuk bisa menyalurkan minat dan bakat mereka melalui penampilan kesenian. Tak hanya itu, kami turut mengundang komunitas lain untuk terlibat dalam menggelorakan “literasi”, melalui gerakan donasi buku cerita, yang nantinya buku cerita tersebut akan disalurkan kepada komunitas pegiat literasi di pelosok negeri.

Kegiatan yang dimulai selepas makan siang ini dimeriahkan juga dengan berbagai lomba bertema literasi yang dikhususkan untuk adik-adik komunitas undangan, antara lain lomba bercerita, membuat majalah dinding dan estafet membaca. Riuh ramai acara pun dilengkapi dengan cerita dongeng Ka Budi dan bonekanya, Ando, dongeng yang berhasil membuat adik-adik dan relawan undangan terhibur.

Senyum lepas terukir jelas menghiasi wajah adik-adik asuh ketika mereka mempersembahkan penampilan terbaik mereka di hadapan relawan maupun undangan. Persembahan ini mereka persiapkan dengan latihan rutin, bahkan hingga larut malam. Rasa bangga tidak hanya tercermin di wajah adik asuh namun juga relawan yang turut hadir memeriahkan acara. Tidak hanya itu, dukungan juga ditunjukkan oleh berbagai pihak mulai dari pendiri Komunitas Jendela Jakarta, tokoh masyarakat, Pak Camat dan Pak Lurah, serta para donatur dan sponsor.

Itulah potret singkat kemeriahan Ulang tahun keenam Komunitas Jendela Jakarta. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, para tamu undangan, sponsor serta media partner yang turut mensukseskan acara ini.

 

    

    

Salam literasi

(Jendela Jakarta/Heni Yuhaeni)

Leave a Reply