17-an ala Jendela Jakarta

“ Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari Kemerdekaan kita~~”

Syair ini selalu berkumandang saat perayaan kemerdekaan setiap tahunnya. Syair yang tercipta atas hasil kerja keras para pejuang kemerdekaan bangsa kita, bangsa Indonesia. Indonesia telah merdeka sejak 70 tahun yang lalu dan masyarakat selalu merayakannya dengan penuh suka cita. Begitu juga dengan kami Komunitas Jendela Jakarta.

Tahun ini Jendela Jakarta berkolaborasi lagi dengan pemuda Manggarai untuk membuat perayaan hari kemerdekaan. Acaranya meliputi perlombaan, upacara bendera dan pentas seni yang diikuti oleh adik-adik perpustakaan Manggarai beserta masyarakat sekitar pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2015. Acara diawali  dengan pembentukan panitia, mencari donasi hingga persiapan yang dilakukan sekitar 2 minggu sebelumnya. Kami berbagi tugas untuk mempersiapkan acara ini dengan matang, panitia bekerja sesuai job desk masing-masing seperti menyusun jenis perlombaan, mepersiapkan konsumsi, men-design spanduk, dekorasi panggung dan lain-lain.

Adik-adik pun tidak mau kalah dengan kakak-kakak panitianya, mereka berlatih setiap hari untuk mengisi acara pentas seni. Mereka membentuk beberapa kelompok, ada yang berlatih drama, menari, paduan suara dan juga membaca puisi. Setiap hari mereka berlatih dengan dibantu oleh beberapa orang kakak relawan Jendela Jakarta.

16 Agustus 2015…..

Tibalah hari yang ditunggu-tunggu, Minggu tanggal 16 Agustus 2015 jam 8 pagi adik-adik sudah ramai berkumpul di depan halaman perpustakaan untuk mengikuti rangkaian perlombaan yang telah dipersiapkan. Kakak-kakak relawan pun sudah siap ambil bagian pada posisi masing-masing. Perlombaan pertama adalah lomba Marathon Edukasi yang terdiri dari 5 pos, diamana setiap kelompok harus mendatangi satu per satu pos tersebut untuk melakukan rintangan pada tiap-tiap pos untuk mengumpulkan poin.

Marathon Edukasi di beberapa pos

Marathon Edukasi di beberapa pos

Setelah Marathon Edukasi selesai, dilanjutkan dengan lomba-lomba yang lain seperti lomba memindahkan belut, lomba kelereng sambil memasukan jarum, memindahkan bendera, marathon fun dan juga lomba untuk ibu-ibu seperti joget balon dan lomba merias wajah.

17 Agustus 2015…

Seperti pada susunan yang telah di rencanakan, pada tanggal 17 Agustus 2015 kita mengadakan upacara pengibaran bendera pada jam 9 pagi. Kenapa jam 9 pagi? Karena kita menunggu beberapa adik-adik yang mengikuti upacara di sekolah. Upacara berjalan cukup khidmat dengan kak Andi Pri sebagai Pembina upacara.

 

Upacara Bendera

Upacara Bendera

 

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan mendekorasi panggung kecil untuk acara pentas seni yang akan diselenggarakan jam 3 sore sambil adik-adik gladi resik untuk mengisi acara pentas seni. Masyarakat sekitar mulai ramai berdatangan, mereka sudah ramai berkumpul disekitar panggung tidak sabar menyaksikan kemeriahan pentas seni yang akan segera dimulai. Acara pertama yang ditampilkan adalah sambutan dari koordinator Jendela Jakarta yaitu kak Andi Perdana dan dilanjutkan dengan senam penguin yang di pimpin oleh kak Ageng dan kak Andi Perdana diatas panggung dan diikuti seluruh penonton untuk membakar semangat.

Acara dilanjutkan dengan beberapa acara yang dipersembahkan oleh adik-adik dan diselingi oleh pembagian hadiah lomba. Suasana semakin semarak saat drama tentang kemerdekaan ditampilkan, saat adik-adik memerankan para tokoh proklamasi saat berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan bangsa ini. Tidak mau kalah, kakak-kakak relawan juga mengisi acara dengan menampilkan stand up comedy.

Itulah 17-an ala Jendela Jakarta terutama dari keluarga perpustakaan Manggarai. Diharapkan adik-adik Manggarai  dapat mengenang dan mengingat jasa besar para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti kata Presiden Ir. Soekarno, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.