3rd Anniversary Komunitas Jendela at Jakarta


IMG_8212

 3 tahun.

3 tahun sudah umur Komunitas Jendela, tepatnya di tanggal 12 Maret 2014, komunitas ini berulang tahun yang ketiga. Jendela Jakarta merayakan ulang tahun ini di tanggal 16 Maret 2014 dengan mengadakan lomba-lomba untuk adik-adik di Perpus Manggarai.  Perayaannya sangat meriah dan anak-anak pun antusias dalam mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan oleh kakak-kakak jendelist Jakarta.

Banyak persiapan menjelang hari H –hari perayaan ulang tahun Komunitas Jendela- yang dilakukan oleh kakak-kakak Jendelist Jakarta, salah satunya adalah mengecat ulang dan mendekorasi perpustakaan Manggarai. Alasannya agar adik-adik lebih antusias dalam belajar dan akan lebih sering belajar di perpus. Terima kasih untuk Kak Happy dan team yang telah menjadi penanggung jawab dalam urusan “make over” perpus kita.

Selain make over perpus, ada satu lagi yang disiapkan oleh kakak jendelist Jakarta dalam menyambut usia Komunitas Jendela yang ketiga, yaitu membuat kaos baru dan spanduk yang baru. Terima kasih Kak Deni untuk desain kaosnya yang bagus dan spanduknya yang oke.

Dan hari H pun tiba.

IMG_7827

Semenjak pagi, sudah banyak kakak-kakak yang datang di perpus, antara lain Kak Gilang, Kak Rizca, Kak Wenny, Kak Andi, Kak Oned, Kak Tata, Kak Indah, Kak Ravel, Kak Asri, Kak Irham, Kak Deni, Kak Hilal,Kak Happy, Kak Wilda, Kak Rizky,Kak Tio, Kak Agung, Kak Andi kedua,hehehe,Kak Jamik, Kak Ridho, Kak Widi, Kak Asti, Kak Ferdi, Kak Desta dan aku sendiri, Kak Yanti. Terima kasih untuk kedatangannya kakak-kakak semua.

Acara seharusnya dimulai jam 7 pagi tapi karena beberapa hal, acara pun terpaksa diundur sehingga

dimulai jam 8 pagi dengan pembukaan doa yang dipimpin oleh kak Hilal dan sambutan dari ketua panitia acara ultah yaitu kak Andi Perdana.

Setelah itu, barulah MC (kak Gilang) memulai acara perlombannya. Lomba pertama yang dimulai adalah lomba baca puisi.  Banyak hal menarik dari perlombaan ini, ada adik yang membaca puisinya dengan suara lantang, ada pula yang membacanya dengan suara kecil tetapi ini semua merupakan pengalaman buat adik-adik karena bagi kami semua yang berani mengikuti lomba ini merupakan pemenang. Pemenang karena berani untuk maju di depan teman-temannya. Tetapi setiap lomba memang harus ada juaranya, dan juara untuk lomba baca puisi adalah Umar. Selamat yah Dik Umar

Setelah lomba puisi, lomba selanjutnya adalah lomba hafalan surat pendek. Dalam lomba ini terdapat 2 pemenang yaitu Dik Ikhsan dan Dik Arik. Selamat untuk kalian berdua.  Tetapi Dik Arik ini tidak hanya jadi juara di lomba hafalan surat pendek, Dik Arik juga menjadi juara di lomba adzan. Suaranya mampu menentramkan hati kakak-kakaknya dan akhirnya membuat dia terpilih menjadi pemenang di lomba ini.

IMG_7906

IMG_79271977397_674111319296676_1922352476_n

 

 

 

 

 

Dan akhirnya lomba yang paling ditunggu oleh adik-adik adalah lomba menggambar. Disini adik-adik Perpus Manggarai diminta untuk berimajinasi perpus yang mereka inginkan itu seperti bagaimana. Dan pemenang di lomba menggambar ini ada 3 orang dari kategori berbeda (berdasarkan umur), jreng jreng pemenangnya adalah Farel, Ikhsan dan Salim.

Masih ada 3 lomba lagi yang tersisa dalam rangkaian acara ulang tahun Komunitas Jendela yang ketiga. Salah satu lomba yang juga ditunggu oleh adik-adik adalah lomba kreativitas. Mengapa lomba ini ditunggu-tunggu? Karena disini adik-adik diminta untuk sekreatif mungkin untuk mendandani kakak-kakak yang sudah dipilih oleh panitia.Jadi kita akan melihat sisi lain dari kakak-kakak tersebut. Kakaknya antara lain Kak Ridho, Kak Rizky, dan Kak Bayu. Dan akhirnya grup Umar, Regi dan Arik lah yang memenangkan lomba ini.

Dua lomba terakhir merupakan lomba yang memerlukan otak untuk berpikir. Lomba tersebut adalah lomba cerdas cermat dan lomba tebak kata. Lomba tebak kata mengharuskan adik-adik untuk menyusun huruf yang sudah diacak oleh Kak Ravel dan menjadikan huruf tersebut menjadi sebuah kata yang benar. Pemenang lomba ini adalah Umar, selamat yah.

Umar juga memenangkan lomba terakhir, tetapi dia tidak sendiri melainkan bersama timnya. Febri dan Arik merupakan teman dari tim Umar yang memenangkan lomba cerdas cermat. Selamat yah buat kalian, dan selamat juga buat Umar yang memenangi hampir semua lomba di acara ultah Komunitas Jendela.

1982124_674112095963265_20015201_n 1924574_674111805963294_630992512_n 1966894_674112409296567_563899192_n

 

 

Lomba sudah selesai, saatnya potong tumpeng.

Yup, seperti tahun lalu, Jendela Jakarta menyiapkan tumpeng, maka di acara ulang tahun yang ketiga, pemotongan tumpeng pun dilakukan oleh kami, kakak-kakak Jendelist Jakarta. Tumpeng dipotong oleh Kak Andi Perdana, dan potongan pertama diberikan ke Regi, yang menurut Kak Andi, adalah adik yang rajin datang ke perpus.  Setelah potongan pertama diberikan dan adik-adik mendapatkan nasi tumpengnya, tiba saatnya kakak-kakak Jendelist makan besar. Saatnya makan tumpeng ultah Komunitas Jendela.

Acara ulang tahun pun selesai dan semoga kita dapat berbagi lebih kepada adik-adik di Perpus Manggarai sehingga memberikan senyuman untuk mereka. Sampai jumpa di cerita ulang tahun Komunitas Jendela “Jakarta” yang keempat tahun depan.

IMG_7970IMG_8195

“Semakin banyak yang kamu beri, maka semakin banyak pula yang kamu dapatkan! Janganlah kita berpikir apa yang kita lakukan di Jendela Jakarta ini sangat sedikit manfaatnya, karena kita akan merasakan manfaat yang besar itu di masa depan kita.”

IMG_8113

By: Heriyanti (Koord. Divisi Relawan Jendela Jakarta)

Publish: P.Deni

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.