Ampar-ampar Pisang [Kalimantan]

Ampar ampar pisang…

Pisangku belum masak…

Masak sabigi dihurung bari-bari…

Masak sabigi dihurung bari-bari …..

Yep! Itu lah potongan lagu ”Ampar-ampar Pisang”, lagu daerah asal pulau Kalimantan. Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kemarin tanggal 22 Semptember 2012 kakak-kakak Jendela mengajarkan budaya yang semuanya berhubungan dengan pulau terbesar Indonesia itu. Mau tau kita ngapain aja sama anak-anak shalter Gondang 1???? cekidot qaqaaaaaa ^_^

sumber foto: belantaraindonesia.org

Emmhh, bentar aku inget-inget dulu kemaren kita berangkat jam berapa yaaa??? *mikir* *2 minggu kemudian* oke, kita berangkat dari kota jogja kalo nggak salah, kalo nggak salah ni yaaaa sekitar jam 10 an pagi. Setelah mendaki gunung lewati lembah, kita nyampe di Shalter Gondang 1 dengan selamat diberkati Tuhan Yang Maha Esa, ternyata adek-adek yang unyu udah pada dateng dan ngumpul di halaman perpustakaan kita tercintong. Beeehh! Tengsin abis, kita telat mamen! Disana udah ada Sella, Poe, dll mereka udah dateng dari tadi. Ah telat gara-gara si Oka ngajakin aku makan dulu si (nyari kambing hitam, hehehe vn_n). Oke, setelah cipika cipiki nggak jelas sama yang lain akhirnya acara maen sama adek-adek dengan tema pulau Kalimantan ini kita mulai, jeng jeng jeng!!

Pertama kita ngasih tau sama adek-adek shalter letak pulau Kalimantan lewat peta super gede yang udah mejeng di tembok, setelah itu kita belajar tentang kebudayaan masyarakat Kalimantan, baik soal suku-suku yang ada di sana, nama rumah adat, pakaian adat, makanan khas, bahkan sampai lagu daerah. Jadi adek-adek dikasih gambar terus abis itu disuruh nyococokin gambar sama nama-nama yang udah ada. Eh iya, sebelum itu kita nyanyi-nyanyi dulu lhooo, tentunya nyanyiin lagu daerah Kalimantan, salah satunya Ampar-ampar pisang, aku coba nyanyiin yaaaa ehem ehem! ”Ammmpar ampar pisa~~ng pisangku belum masa~~~akk” *dilempar sepatu* #falsparah.

Abis nyanyi-nyanyi merdu sama belajar tentang kebudayaan Kalimantan, kini saatnya bikin prakaryaaaaa. Iya, waktu itu kita bikin perisai khas Kalimantan yang bentuknya segi lima terus ada ukiran-ukiran yang keren abeeess. Ukiran dibikin dari kertas lipat, yang tentunyaa ya dilipet-lipet dulu lah yo terus abis itu di gunting abstrak yaaaaang aku juga nggak ngerti, taunya cuman diajarin sama manusia ganteng si Bayu 😀 gitu aja. Abis perisainya jadi, terus kita foto-foto narsis, wow itu menyenangkan sekaliii bisa belajar sambil bikin prakarnya. Karena udah capek, akhirnya kita pulang eh sebelum pulang kita makan bersama dulu deng di warung bambu apa kedai bambu gitu lah aku lupa, pokoknya ada bambu-bambunya 😀

Kayaknya ceritanya udah banyak banget ni, udahan aja ya?hhee, kapan-kapan lagi wes. Sekian, makasih udah mau baca cerita absurd ku ini yaaa, salam fangkeh buat kakak-kakak yang udah naik waktu itu ada Bayu, Okka, Sella, Poe, Puput, Wawan, Dwi, Tia, Redha, Dinda, dll. Selalu semangat untuk adek-adek shalter Gondang 1 tercinta.. Salam damai sejahtera rukun selamanyaaa untuk semua m/

(penulis paling gaul @nini_dakem)

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.