Ayoo Belajar Aksara Lampung

Minggu 26 Agustus 2018

Sudah menjadi rutinitas untuk datang dikegiatan rutin Komunitas Jendela Lampung pada hari minggu pagi diirumah baca. Dari hasil kopdar yang sudah di lakukan pada Jumat kemarin, direncanakan minggu ini adik-adik Jendela akan belajar mengenai Kebudayaan Lampung, mulai dari aksara lampung hingga lagu-lagu daerahnya. Kebetulan minggu ini saya dijadikan PJ atau penanggung jawab untuk kelas mengajar Aksara.

Sudah lama saya tidak mempelajari Aksara Lampung, jadi momen ini sekaligus sebagai ajang “remedial” buat saya.

Adik-adik menjawab dengan suara yang lantang ketika ditanya “Sudah pernah belajar Aksara Lampung beluuum?” mereke menjawab Sudaaaahhhh. Sementara kelas lain mempelajari materi yang lainnya, kami memberikan latihan soal menulis bahasa Indonesia ke dalam Aksara Lampung. Setelah selesai dengan aksara, kami lanjut masuk ke materi selanjutnya. Mengenal lagu daerah yang berasal dari Lampung. Ada Pang Lipang Dang, Sai Bumi Ruwa Jurai, Cangget Agung dan lagu lainnya.

Ternyata pengetahuan adik-adik soal lagu Lampung tidak perlu diragukan lagi. Mereka tau semua lagu yang kami sebutkan. Meskipun tidak semua hafal tapi mereka semua bisa mengikuti drngan baik. Kamipun bernyanyi-nyanyi bersama-sama dengan adik-adik menyanyikan lagu Lampung selama sisa akhir pertemuan dengan dipimpin oleh 1 adik yang luar biasa.

Begitulah minggu kemarin terlewati. Dengan berkumpul dan belajar bersama dengan adik-adik bakung. Semoga sampai seterusnya bisa seperti ini. Menjadi bagian dari komunitas yang tidak hanya memberi kesempatan untuk mengajar, tapi juga belajar.

 

 

 

JENDELA…BUKA!

By Ana Ubaisah

Leave a Reply