Belajar Menyayangi Bumi

Minggu, 29 April 2018

Dihari minggu Pagi yang begitu cerah, terlihat adik-adik TPA Bakung mulai berkumpul satu-persatu dirumah baca, ada yang ditemani beberapa orang tuanya yang menunggu sampai kegiatan dimulai dan ada juga yang sambil bermain dengan teman-temannya. Sementara beberapa kakak-kakak relawan sedang menyiapkan peralatan untuk kegiatan Ice Breaking dan Materi. Ada seorang adik yang berbisik ketemannya, “nanti belajar apa yaa?” terdengar kasak kusuk di deretan depan, hingga akhirnya ada adik kecil yang bertanya langsung ke kakak relawan, “kak hari ini kita mau ngapain?” sang adik terlihat antusias dan demi melihat wajah polos nan penuh semangat, sang kakak tersenyum lalu menjawab “hari ini bakal bersenang-senang meraayakan hari bumi”.

Pukul 10.00 adik-adik diminta berbaris sebelum memulai kegiatan. Setelah itu kakak relawan memimpin kegiatan dengan mengucap salam, menanyakan kabar adik-adik dan berdoa. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya lalu Ice Breaking. Kali ini adik-adik mengikuti gerakan Aram Zam-Zam dan Gummy Bear. Adik-adik tampak ceria walau ada beberapa adik yang kerepotan dengan gerakannya, tetapi mereka menikmatinya dan berbagi canda.

Setelah melakukan kegiatan wajib, Rumah Baca terlihat bertambah ramai dengan kedatangan kakak-kakak dari Teknik Pertanian Unila, mereka akan mengisi materi tentang Hidroponik. Adik-adik pun bertambah semangat melihat ramainya kakak yang datang. Kegiatan Formal untuk kelompok Pra Sekolah – 2 SD adalah mewarnai bumi. Sebelum mewarnai, kakak relawan menjelaskan tentang hari bumi yang diperingati pada 22 April dan cara untuk menyayangi bumi: dengan membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi dan menghijaukan bumi. Setelah itu adik-adik bisa menuangkan pandangan mereka tentang bumi dalam guratan warna. Untuk kelompok 3 SD – SMP diisi oleh kakak Teknik Pertanian Unila yang menjelaskan tentang cara menanam dengan Hidroponik. mereka menyimak dengan baik. Dilanjutkan dengan kegiatan Informal yaitu praktik menanam dengan media Air yang diisikan kedalam botol, sementara kelompok Pra Sekolah – 2 SD mengamati tanaman Hidroponik yang ada di pipa-pipa. Matahari semakin tinggi dan tak terasa kegiatan telah usai. Saat pulang kakak-kakak Teknik Pertanian Unila membagikan biji bibit tanaman ke adik-adik, yang disambut gembira dan tekad akan menanamnya sesampai dirumah, sebagai bentuk menyayangi bumi.

 

Seusai berkegiatan dengan adik-adik, diadakan evaluasi bersama kakak-kakak Teknik Pertanian Unila. Melihat kehadiran kakak-kakak yang ramai, membuat adik-adik mendapatkan perhatian lebih dan bimbingan, sehingga kegiatan berjalan lancar. Saat ditanya kesan-kesannya mengisi kegiatan, satu kata yang terlontar tak jauh-jauh dari: “ Wow!” “Ramai!” “Fantastis!” terimakasih untuk kakak-kakak Teknik Pertanian Unila yang sudah membagikan ilmunya dan terimakasih untuk semua relawan yang sudah hadir di hari minggu yang menyenangkan ini.

Gita Prista

 

Leave a Reply