BERBAGI KECERIAN dan ILMU dengan ADIK-ADIK

Assalamualaikum

Hallo selamat siang kakak-kakak, apakabar nih? semoga selalu dalam keadaan sehat yaa. Oiya, hari ini kegiatan jendela tema berbagi kecerian dan ilmu dengan adik-adik. Mau tahu kenapa? Yuk, simak ceritanya ya.

Kegiatan hari ini seperti biasa dilakukan di bale RW. 19 Sadang serang nah biasanya kan salah satu kakak ngambil kunci ke pak RW tapi ini beda soalnya pas kak muti udah datang ke bale tiba-tiba datanglah najwan (salah satu adik jendela) berlari dari kejauhan sambil memanggil, “kakak-kakak” lalu memberikan kunci dan setelah itu najwan loncat-loncat kegirangan gitu.

Nah setelah bale dibuka, adik-adik lalu berdatangan, biasa ada yang main hp terus lari-larian bareng temen dan kegiatan layaknya anak-anak lainnya. Setelah bale bersih dan rapih mulailah kita berkegiatan nih . . .

Adik-adik bareng kakak-kakak langsung menuju tempat wudhu untuk mencuci tangan pake sabun jadi kita biasa nih buat adik-adik selalu dalam kondisi bersih dari kuman sebelum kegiatan kan kita gatau dia abis pegang apa. Nah pas cuci tangan biasa tuh anak cewe selalu semangat sampai berlari seakan-akan ingin yang pertama sampe tempat cuci tangan. Udah anak cewe selesai gantian anak cowo.

Nah udah semuanya cuci tangan dan ruangan pun jadi wangi, aaaah enak pokoknya. adik-adik duduk melingkar bersama kakak-kakak lalu kita membaca salah satu surah al-quran. uci bilang, ‘surah al-kafirun aja kak’ terus najwan bilang, ‘enggak, surah al-kautsar aja mending kak’ lalu herdi bilang, ‘udah surah al-maun aja’. Akhirnya kak nisa memutuskan untuk surah al-kautsar dan adik-adik bersama kakak-kakak pun membaca surah bareng-bareng.

13396

Setelah baca surah, dilanjut dengan ice breaking dari kak nisa. Nama permainannya ‘pake logika’ jadi gini, kak nisa menembak sesuatu yang berada di sekitar ruangan dan adik-adik harus nebak tuh, kak nisa nembak apa. Permainan dimulai, kata kak nisa, ‘ dor, kak nisa nembak apa ? (sambil menunjukan tangan seperti pistol)’ lalu dea jawab, ‘nembak lemari’ terus adik-adik lain jawab, ‘nembak pintu, kursi’ dan kak nisa hanya jawab, ‘salah’. Sampe permainan ini diulang 5 kali belum ada yang bisa jawab dan itu pun jadi PR adik-adik buat tau jawabannya.

Terus karena adik-adik pusing sama permainan pertama akhirnya beralih ke permainan ‘urutan huruf’. kata kak nisa, ‘jadi kak nisa kan lagi di bandung nih terus lapar akhirnya jam 1 kak nisa maka daging terus jam 2 enaknya makan apa ya?’. adik-adik pun bingung semua lalu najwan tiba-tiba jawab, ‘makan nasi’ dan kak nisa hanya menggelengkan kepala. Terus kak muti pun jawab, ‘makan gurame’ dan adik-adik pun berisik ngomong jawaban masing-masing dan hanya unung yang benar, dia jawab ayam. terus kak nisa lanjut, ‘kalo jam 2 makan ayam enaknya jam 3 makan apa ya?’ lalu kak muti jawab, ‘oh aku ngerti, pasti makan gurame’ lalu kak nisa jawab, ‘wah udah hebat nih setelah itu jam 6 deh makan apa ya enaknya?’ lalu dengan semangat najwab bilang, ‘aku ngerti kak, makan gorengan kan (sambil ketawa terbahak-bahak)’. adik-adik yang pada tau triknya sengaja ga ngasih tau yang lain biar belajar bermain logika hahaha.

13398

Selanjutnya adik-adik membaca buku sesuka hati mereka dengan didampingi oleh kakak-kakaknya. Adik-adik dengan semangat mengambil buku yang diinginkan, ada yang ngambil cerita cinderella, cerita seorang beruang, novel dll. Pokoknya bisa dibilang suasana di ruangan berisik deh, soalnya adik-adik bacanya dengan suara yang keras tapi tetap seru dan bahagia karena antusias adik-adik untuk baca buku semakin meningkat, alhamdulillah.

13400

Setelah adik-adik semua sudah baca buku dilanjutkan dengan permain ular tangga matematika. Jadi bentuk ular tangganya itu sama sih kaya pada umumnya tapi di setiap kotak ada warna yang berbeda-beda jadi setiap adik-adik menginjakan bonekanya di warna tersebut harus menjadi pertanyaan sesuai warna. ada soal pengetahuan umum, ipa, bahasa inggris, bahasa indonesia dan matematika. Ada satu anak pas dapat pertanyaan tentang pengetahuan umum dan pertanyaannya, siapa pencipta lagu indonesia raya lalu ilka pun berpikir, ‘hmm w.r sukarno’ terus temen-temen yang lain tertawa termasuk kakak-kakak lalu dia dengan muka terus berpikir berusaha cari jawab karena batas waktu 5 detik karena tidak bisa jawab akhirnya dia tidak ikut main pada putaran selanjutnya. lalu temen-temen yang lain jawab, ‘jawabannya itu w.r supratman bukan sukarno, itu mah presiden kita (tertawa semua hahahaha)’ . Sampai akhirnya ada yang sampe ke finis yaitu ilka dan jadi juaranya, selamat ilkaaa..

Nah setelah main itu, adik-adik dan kakak-kakak keluar ruangan dan memungut sampah yang ada di sekitar bale walaupun beres hujan alias becek tapi mereka tetap semangat ngambil sampah. Udah selesai tuh ngambilin sampah di jalan terus mereka pun cuci tangan bareng-bareng pake sabun biar tetap bersih tangannya, biasa pas mau cuci tangan berebut namanya juga anak kecil hahaha.

Dengan cuci tangan itu berarti selesai sudah kegiatan hari ini. Seruuu karena banyak perubahan positif yang adik-adik lakukan dari yang tadinya susah diatur jadi mudah dan tadinya gamau baca jadi suka baca pokoknya bersyukur banget deh kakak-kakak disini ga sia-sia.

Kegiatan hari ini berjalan lancar karena bantuan dari kak eri dan kak muti. Terimakasih yaaa sudah datang, semoga kita bisa tetap konsisten terus berkegiatan positif dan menebarkan senyuman kepada adik-adik, semangaaat.

 

Bandung, 22 November 2015

Best regard,

Nisa Tri Agustina Rosadi

@nisatar

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.