Cara Unik Komunitas Jendela Membiasakan Adik-Adik Membaca

Quote of the day]

Anak-anak diajarkan untuk selalu memahami kewajiban dan haknya, mereka bisa mendapatkan sesuatu kalau mereka sudah melakukan sesuatu terlebih dahulu”

***

Minggu, 22 Januari 2017

Bagi orang yang tidak begitu suka membaca, kegiatan ini bagi mereka adalah aktivitas pasif yang membosankan, hanya duduk berjam-jam melihat huruf-huruf dan berusaha mecernanya. Namun, Komunitas Jendela mempunyai cara unik untuk mengajak adik-adik di desa binaan untuk membiasakan diri untuk membaca. Setelah sebelumnya beberapa minggu yang lalu adik-adik bermain mencari harta karun dan minggu sebelumnya di desa binaan Bantul adik-adik diajak bereksperimen tentang gunung merapi bahkan rangkaian listrik, kegiatan di Open House Jendela kedua kali ini adik-adik diajak untuk mengenal lebih dalam tentang sains berkaitan dengan tata surya dan diajak untuk melakukan beberapa eksperimen seru. Jadi, pertama-tama adik-adik di desa binaan Ngemplak diajak untuk memecahkan teka-teki silang yang berkaitan dengan tata surya. Susah tidak untuk anak-anak seusia mereka? Tenang saja, adik-adik sudah disiapkan bacaan agar lebih mudah menjawab pertanyaan yang ada.

Adik-adik belajar astronomi melalui teka-teki silang.

Antusiasme mereka sangat tinggi dan mereka berusaha untuk menjadi yang tercepat untuk menyelesaikan teka-teki tersebut. Semakin cepat mereka selesai, semakin cepat mereka bisa melakukan eksperimen. Bagian inilah yang menurut saya unik dan seru, dimana reward yang diberikan untuk adik-adik yang bisa menyelesaikan teka-teki juga masih merupakan proses belajar yaitu mereka bisa melakukan eksperimen.

Setelah beberapa dari mereka berhasil menyelesaikan teka-teki, mereka lalu akan melakukan eksperimen yang diantaranya adalah membuat lampu galaxy, mempelajari tata letak planet, dan roket air. Kegiatan eksperimen tentu lebih seru dan menyenangkan karena adik-adik juga diajari untuk membuat prakarya yang berkaitan topik kegiatan yang masih sama dengan minggu sebelumnya, yaitu “IPA itu Asik”. Dari eksperimen kali ini adik-adik bisa belajar begitu banyak tentang tata surya, galaksi, planet, satelit, dll.

Mengenal galaksi dan rasi bintang

Kiri : belajar tata surya;  Kanan : bermain roket air

Acara puncak dari kegiatan ini adalah percobaan roket air. Nah, setelah adik-adik selesai dengan prakarya, mereka bisa mencoba untuk bermain roket air yang sudah dipersiapkan oleh kakak-kakak Jendelist. Dari kegiatan minggu ini banyak sekali hal-hal yang dapat dipelajari, adik-adik jadi lebih mengenal tentang tata surya kita. Selain itu adik-adik belajar untuk mendapatkan sesuatu dengan berusaha, ketika mereka berhasil memecahkan teka-teki, mereka baru bisa melakukan eksperimen. Ketika mereka berhasil menjawab pertanyaan, mereka baru bisa bermain dengan roket air. Jadi, anak-anak diajarkan untuk selalu memahami kewajiban dan haknya, mereka bisa mendapatkan sesuatu kalau mereka sudah melakukan sesuatu terlebih dahulu. Ternyata belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan? Sampai bertemu lagi di kegiatan Jendela selanjutnya!

***

Oleh : Happy

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.