Cintai Buku Sejak Dini

Membaca buku adalah aktivitas yang sangat positif dan bermanfaat. Dengan membaca, wawasan kita dapat berkembang dan menambah pengetahuan tentang berbagai hal. Orang tua haruslah berperan aktif dalam mengajarkan kemampuan membaca pada anak. Dengan kebiasaan membaca yang baik, Anda memberikan hal yang bermanfaat pada anak daripada sekadar bermain playstation atau menonton televisi.

Setelah membaca, Anda dapat pula menularkan kecintaan terhadap buku pada anak. Anda bisa memulainya sejak dini, sejak anak baru lahir atau pada periode emas, yaitu dari 0 sampai usia 3 tahun. Pada tahap ini, otak anak berkembang maksimal, baik dari sisi intelektual maupun emosional. Anda dapat memulai dengan membacakan cerita untuk anak agar ia terbiasa melihat Anda memegang buku. Berikut beberapa tips untuk mengajak anak membaca dan mencintai buku.

 
• Mulailah dari diri sendiri
Jika ingin menularkan manfaat membaca dan menanamkan minat baca pada anak, tentu Anda harus memulainya dahulu dari diri sendiri. Anda haruslah gemar membaca dan menunjukkan kebiasaan membaca Anda pada anak-anak. Dengan begitu, anak-anak terbiasa melihat dan akan tertarik pada buku. Kumpulkan koleksi bukubuku Anda dan tata rapi di dalam rak buku atau lemari. Tunjukkanlah bahwa buku juga merupakan harta yang berharga.

• Bacakanlah cerita untuk anak
Anda bisa melakukannya di kala senggang, pilihlah tempat yang tenang di rumah, misalnya di kamar atau ruang baca keluarga. Anda juga bisa menerapkan kebiasaan ini saat menemani anak sebelum tidur. Ajaklah anak memilih buku yang ingin dibaca. Oleh sebab itu, Anda harus menyediakan buku-buku anak yang menarik, yang Bergambar dan berwarna-warni. Dengan begitu, anak akan mudah mengingat ceritanya dan Anda bisa menawarkannya untuk menceritakan kembali kisah yang telah dibaca bersama. Luangkan waktu setiap hari agar anak terbiasa dengan rutinitas ini.

• Mulailah memperkenalkan huruf dan kata

Perlu diketahui, kemampuan membaca tidaklah semata diperoleh saat anak mulai memasuki sekolah. Anda haruslah mulai mengajarkan anak kemampuan membaca yang paling dasar. Mulailah dengan menyediakan balok-balok huruf atau mainan lainnya yang mendukung pembelajaran huruf dan kata. Pilihlah yang menarik untuk anak. Kemudian, ajaklah anak mengenali satu demi satu alfabet yang ada. Tunjuklah kata yang Anda baca dan contohkanlah dengan suara yang jelas. Untuk mempelajari kata-kata, gunakanlah gambar yang atraktif. Contohnya, untuk mengenalkan kata ‘bebek’, gunakan gambar bebek berwarna kuning terang, dan lain-lain.

• Doronglah anak untuk mencoba membaca
Saat Anda menjalankan rutinitas membacakan buku untuk buah hati Anda, cobalah ajak anak agar ia ikut membaca. Katakan bahwa kalian dapat membaca dengan bergantian. Biarkan anak membaca bagian yang ia inginkan. Jangan memarahi anak bila salah, biarkan ia membaca semampunya dan pujilah kemauan dan usahanya untuk membaca. Atau, Anda juga bisa membaca bersama-sama dengan anak. Contohkanlah pelafalnya dan ajak anak untuk mengikuti Anda.

• Ajak anak ke toko buku
Jika Anda berniat pergi ke toko buku, ajaklah anak Anda ikut serta. Ini bisa diterapkan bila anak Anda sudah mengerti tentang buku dan memiliki buku-buku favoritnya. Biarkan ia memilih buku yang disukainya karena selera anak-anak tentu berbeda-beda. Peran Anda adalah membantunya apabila ia kebingungan memilih buku. Pilihlah buku yang bertema menarik dan lihat apakah sesuai untuk usianya.

• Ajak anak merawat buku
Sepulang dari toko buku, ajari anak untuk menata rak buku-bukunya dan merawat bukubuku kesayangannya. Banyak cara bisa Anda lakukan, misalnya mengajarinya menyampul buku dengan plastik agar tidak mudah rusak atau robek. Jadikan ini sebuah momen bersama yang menyenangkan sekaligus mendidik. Anda dapat sekaligus mengajarkan anak tentang kebersihan, kerapian, dan lain-lain. Dengan terbiasa mewawat bukunya, anak diharapkan akan mengerti nilai sebuah buku dan dapat menghargai serta mencintai buku. (dari berbagai sumber/adjie)

“biarkan ia membaca semampunya dan pujilah kemauan dan usahanya untuk membaca “

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.