Cooking Day in Serpong… umm.. nyummy..

Cooking Day Taman Baca Serpong, Jendela Jakarta

 

Minggu tanggal 24 Januari 2016, dengan cuaca yang kurang cerah alias sebentar panas sebentar hujan kami relawan Jendela Jakarta dengan penuh semangat mengantarkan diri ke salah satu taman baca kita yang berada di daerah Serpong, tepatnya di Desa Sari Mulya, Curug Serpong Tangerang Selatan. Sesuai jadwal yang sudah dibuat oleh divisi program, hari ini kegiatan kita di taman baca Serpong adalah Cooking Day, yeayyy kita masak-masak.. Tapi karena taman baca kita ini berada di sebuah saung dan dikelilingi oleh sawah maka tidak memungkinkan bila kita menggunakan kompor atau bahan bakar yang berbahaya untuk adik-adik memasak, jadi kita putuskan untuk membuat Roti Tawar Kreasi, selain untuk menambah pengalaman baru adik-adik belajar dengan makanan ini pun dapat meningkatkan kreatifitas adik-adik yang dituangkan dalam menghias roti yang akan mereka makan.

Tiba di lokasi hanya ada beberapa adik yang bermain di saung karena kakak-kakak datengnya kecepetan, akhirnya beberapa kakak mempersiapkan peralatan dan beberapa oang lainnya memanggil adik-adik untuk belajar. Setelah mereka semua datang berkumpul kita membuat sebuah ice breaking untuk memicu semangat adik-adik, setelah itu kakak-kakak mulai menjelaskan tahap-tahap mebuat roti tawar kreasi beserta bahan-bahan makanan yang disediakan seperti selai, metega, keju, springkle, dan mini chocoball. Adik-adik sangat exited dengan pelajaran hari ini, mereka berteriak-teriak tidak sabar agar kegiatannya segera dimulai, sementara itu kakak-kakak masih membagikan contoh gambar yang akan mereka jadikan panduan dalam menghias roti tawar.

Setelah kegiatan dimulai adik-adik sibuk dengan kreasi masing-masing, Rahman paling semangat dengan meminta 2 buah roti dan yang lainnya sibuk minta diambilkan ini itu oleh kakak-kakaknya sesuai kebutuhan mereka. Tidak menghabiskan waktu lama, merekapun selesai dalam waktu setengah jam dan semua bahan-bahan habis terpakai bahkan kurang banyak. Setelah selesai mereka melaporkan roti buatan mereka kepada kak Yusa untuk difoto dan dinilai, satu persatu bergiliran bergaya dengan hasil kreasi masing-masing. Semua sudah selesai di foto dan mereka makan bersama-sama, ada salah satu adik kita namanya Melva yang gak mau makan rotinya karena ingin dibawa pulang dan ditunjukan pada mamahnya.. uhh so sweet.

adik-adik kita kreatif ya..

Berbagai hasil roti tawar kreasi adik-adik Serpong.. adik-adik kita kreatif ya..

 

Setelah selesai menghabiskan makanan buatan tangan mereka adik-adik membereskan sampah sisa makanan bersama kakak-kaka dan dilanjutkan dengan belajar berhitung dengan kak Yusa dan mengenal tangga nada dengan kak Hilal, ada beberapa adik juga yang langsung bermain ke sawah.

abis masak.. saatnya maiin..

abis masak.. saatnya maiin..

Adik-adik sangat senang dengan kegiatan hari ini, kegiatan ini memicu kreatifitas adik-adik dan membangun suasana belajar yang berbeda dari biasanya. Semoga kita selalu semangat dalam berbagi dan menginspirasi sesama.

 

Jendela Jakarta

by  Kak Windy

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.