Cooking Day is a Happy Day

Hari ini, Minggu 19 Mei 2013 .. Saya ditunjuk sebagai PJ kegiatan mingguan, dengan tema ‘Cooking Day’. Dengan berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk mengajarkan adik-adik membuat puding coklat . Kali ini saya dibantu dengan PJ (Penanggung Jawab) lain nya, yaitu mas Tio dan mbak Yanti. Sekitar jam 11 kegiatan dimulai.  Saya dibantu mas Tio membagi adik-adik menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Regi, Simran, Ita, Dadan. Sementara itu,  kelompok 2 terdiri dari Yuni, Holifah, Anisa dan yang lainnya mengikuti . Sebelum mulai membuat puding, adik-adik diberi pengetahuan dulu soal puding, termasuk cara membuatnya. Saya menuliskan resep membuat puding di papan tulis, sementara adik-adik dengan semangat mencatatnya. Tak lupa saya sisipkan pelajaran Matematika tentang satuan ukuran, selama saya menjelaskan resep puding coklat tersebut.

Woww , ternyata adik-adik antusias untuk membuat puding . Karena saya hanya membawa satu kompor listrik, jadilah adik-adik bergantian memasak pudingnya. Kelompok satu mendapat kesempatan pertama untuk mencoba membuat puding coklat.  Beruntunglah kak Ferdi datang tak lama kemudian dengan membawa kompor tambahan. Kelompok dua pun segera bisa melakukan kegiatan memasak ini. Wajah-wajah antusias dan penuh semangat tampak selama kegiatan. Ana-anak berbagi tugas dalam kelompoknya masing. Ada yang mengambil air, ada yang mencampur adonan, ada pula yang mengaduk adonan puding selama dimasak di atas kompor.  Wah…senang sekali karena tujuan kegiatan ini tercapai, yaitu melatih kerjasama dalam tim , melatih adik-adik mengikuti langkah-langkah dan aturan dalam memasak , kesabaran mengolah puding , serta melatih kreatifitas adik-adik dalam menghias puding . Salah satu kelompok bahkan berinisiatif menambahkan biskuit sebagai hiasan pudingnya. Tuh kan…mereka memang benar-benar kreatif. 🙂

Nah , sambil menunggu pudingnya dingin, kita lanjut di kegiatan berikutnya. Kebetulan, salah satu kakak relawan sedang ada syukuran. Adik-adik dibagikan nasi kotak, lalu kita makan bersama. Wahh…semua tampak lahap menyantap menu makan siang hari ini. Selesai makan, kami melahap coklat-coklat enak dari kak Mala & kak Devi yang baru pulang liburan ke Singapura. Hari ini benar-benar penuh berkah.
Waktu yang ditunggu adik-adik pun tiba. Saatnya penjurian hasil kreasi adik-adik, yaitu puding coklat. Sebagai juri, ditunjuk kak Prie dan saya. Hummm…. kedua puding yang dibuat adik-adik rasanya sama-sama enak, dan tampilannya juga menarik. Setelah berunding sejenak, juri memutuskan pemenangnya adalahhh…… kelompok 1!! Yeyyy….. Kriteria penilaian kami adalah dari tekstur, kreatifitas dan juga cara masing-masing kelompok memasak puding, apakah sesuai prosedur atau tidak.
Setelah diumumkan adik-adik dan kakak-kakak relawan menikmati pudingnya. Wahh , hari ini makanan kita sehat dan bergizi yaa . Jadi untuk menyeimbangakan makanan yang masuk, sore harinya kita melakukan sedikit olahraga ringan . Ada yg kejar-kejaran sama adik-adik , lompat tali , dan main kucing-kucingan dengan bola ..

Hari ini sunguh sangat menyenangkan , terima kasih adik dan kakak2 jendela .. Bahagia bisa menjadi bagian dari Jendela :*

Ditulis oleh kak Ofi Aristi

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.