Denias Senandung Diatas Awan

Judul Film : Denias Senandung Diatas Awan

Sutradara : John de Rantau

Produser : Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale

Penulis   : Jeremias Nyangoen dan Monty Tiwa

Durasi   : 110 Menit

Pemeran : Albert Thom Joshua Fakdawer, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen, Marcella Zalianty, Michael Jakarimilena, Pevita Pearce, Mathias Muchus, Audrey Papilaya.

 poster 10

Film ini menceritakan seorang anak laki-laki asal Pulau Papua bernama Denias. Film yang diangkat dari cerita nyata ini, menceritakan tentang perjuangan Denias yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak. Denias berusaha untuk bisa mendapatkan  pendidikan di sekolah yang layak. Namun, ayah Denias tidak setuju jika Denias belajar di sekolah. Ayahnya selalu menyuruh Denias untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Hingga pada suatu hari, Denias benar-benar ingin mendapatkan pendidikan yang layak. Ia pergi berjalan kaki untuk menuju sebuah kota yang terdapat sebuah sekolah dasar yang layak untuk belajar.

Awalnya, Denias tidak diizinkan untuk bersekolah di sekolah tersebut. Namun, berkat bantuan seorang guru di sekolah tersebut dan juga usaha Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Akhirnya, Denias bisa menjadi salah satu murid di sekolah dasar itu.

Setting film ini, seluruhnya diambil di Pulau Papua yang masih asli dan asri. Film ini juga memperlihatkan beberapa tradisi suku pedalaman Pulau Papua yang masih dilakukan. Contohnya upacara pemasangan koteka untuk anak laki-laki yang mulai beranjak dewasa dan pemotongan jari tangan salahsatu anggota keluarga yang sedang berduka cita. Selain itu, rumah, pakaian dan juga bahasa yang digunakan dalam film ini kebanyakan berasal dari Pulau Papua.

Film yang disutradarai oleh John de Rantau ini, menggambarkan tentang pendidikan di Indonesia khususnya daerah pedalaman yang masih kurang diperhatikan kelayakannya. Film ini cocok untuk ditonton semua kalangan yang peduli akan pentingnya memperoleh pendidikan yang layak. Selain itu, film ini juga memiliki pesan untuk selalu memberikan usaha yang terbaik agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak walaupun banyak tantangan yang dilalui.

Jadi, siapa yang belum menonton film yang recomended ini ? Selamat menonton.

Referensi :

  1. http://mainsastra.blogspot.com/2012/03/resensi-film-denias-senandung-di-atas.html
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Denias,_Senandung_di_Atas_Awan

Review by : Lugina Qolby Janari  @lugination

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.