Fun with English at Shelter Merapi

Sabtu, 16 Juni 2012, Agenda kegiatan ke shelter Gondang  adalah membantu adek-adek kita  belajar pengucapan angka dan huruf dalam bahasa Inggris. Siang itu, Jendelist yang datang ada Utha, Sela, Puput, Dinda,Hasyim, Hifdzi , Bayu dan temannya; Wimas. Saat pertama datang, tak seperti biasanya, lingkungan sekitar perpus sepi dan tak terlihat satu anakpun. Tapi kemudian Sela dan Puput langsung menjemput anak-anak di rumah mereka. Lalu kemudian anak-anak mulai bermunculan. Mereka berlarian dan terlihat gembira menyambut para kakak Jendelist yang datang. =)

Mereka bertanya, akan ada kegiatan apa siang ini. Dan ketika diberitau bahwa akan bermain angka dan huruf dalam bahasa inggris, ternyata mereka sangat antusias. Kemudian kami semua berkumpul di depan perpus dan duduk melingkar. Lucunya, mereka langsung berebutan saat kak Bayu mengeluarkan kartu-kartu bertuliskan angka, huruf dan gambar yang akan digunakan untuk belajar. Sebelum memulai, anak-anak diminta untuk mengulang semua pengucapan huruf yang telah diajarkan sebelumnya, sambil menata kartu bertuliskan huruf sesuai urutan. Ada yang diam saja karna lupa, ada yang berteriak menjawab, dan ada pula yang tetap menjawab menggunakan pengucapan bahasa indonesia. Hehehe.

Setelah mengulang kembali pengucapan huruf-huruf dalam bahasa inggris, mereka dibagi kedalam dua kelompok. Masing-masing kelompok diberi satu set kartu huruf. Kemudian kakak kakak jendelist memberikan tebakan berupa benda atau hewan yang harus mereka ubah ke dalam bahasa inggris dan mereka susun dengan kartu, lalu terakhir harus diucapkan per hurufnya dengan benar. Dan antar kelompok berlomba untuk meyelesaikan dengan cepat. Ternyata mereka sangat pintar lho, sudah hafal banyak kosakata dalam bahasa inggris! Walaupun terkadang mereka masih salah dan lupa pengucapannya, tapi terlihat mereka sangat menikmati permainan sambil belajar ini. =)

Selanjutnya, setelah anak-anak sudah mulai terlihat bosan, beberapa anak mengajak untuk membaca buku perpus. Dan akhirnya  mereka memilih buku yang ingin mereka baca, lalu para Jendelist mendampingi. Itu tadi kegiatan di shelter Gondang 1 siang hari itu, harapannya, semoga adek adek tidak pernah bosan untuk belajar!

– Dinda Saraswati –

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.