ICBC dan Komunitas Jendela dalam Sebuah Workshop Perpustakaan

Perpustakaan barangkali merupakan hal yang elit bagi anak-anak pengungsi merapi, walaupun mereka sebelumnya pernah mengenal perpustakaan sekolah, tetapi kondisinya begitu minim baik dari segi koleksi maupun pengelolaannya. Berangkat dari keprihatinan akan kondisi tersebut maka Komunitas Jendela merintis sebuah perpustakaan, yang diharapkan dalam lima bulan kedepan sudah dapat dikelola secara mandiri oleh anak-anak di Shelter Gondang 1 Cangkringan.

Dalam penyelenggaraan sebuah perpustakaan, pengelolaan adalah suatu hal yang sangat penting, ICBC (Institute Community for Behaviour Change) ikut membantu Komunitas Jendela dalam proses pengelolaan perpustakaan Shelter Gondang 1. Sebagai sebuah langkah awal, ICBC dibantu oleh Komunitas Jendela mengadakan sebuah workshop keperpustakaan untuk membekali anak-anak mengenai seluk beluk perpustakaan dan pengelolaannya. ICBC sudah menemani anak-anak di shelter itu sejak awal erupsi, dan mereka sangatlah dekat dengan anak-anak disana. Learning by doing adalah kata yang tepat untuk menggambarkan aktivitas mereka saat mengikuti workshop. Di sebuah tempat yang berbilik bambu dan beratap seng itu, mereka begitu antusias mengikuti proses tahap demi tahap, mulai dari buku masuk hingga buku tersebut bisa dipinjam.

Workshop perpustakaan yang berlangsung pada hari Sabtu, 1 Mei 2011 ini mendapatkan sambutan yang begitu hangat dari anak-anak disana. Sungguh, kerja keras kami terbayar semuanya melihat antusiasme mereka. Kami berharap ini adalah titik pijak yang baik untuk kedepannya sehingga mereka bisa mengelola secara mandiri dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan baik. Semoga apa yang telah kami lakukan dapat memantik minat baca mereka sehingga cakrawala pengetahuan mereka semakin luas. Amin.

Dengan ini juga kami mengucapkan terima kasih banyak kepada ICBC yang telah berbagi pengetahuannya tentang pengelolaan perpustakaan. Sungguh, masih banyak kekurangan yang kami miliki, dan kami ikut belajar bersama anak-anak diatas.

Oleh Emi Setyaningsih, dan diedit seperlunya oleh Taofan.

One Response

  1. Kiana 16/12/2011

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.