Jalan-Jalan Edukasi degan 1100 Anak Panti

 

Pagi itu terasa sangat dingin sekali, dikarenakan sabtu malam cuaca dikota Bandar Lampung terjadi hujan lebat dan besar sekali hampir saja mengalahkan semangat saya. Padahal minggu itu saya mempunyai beberapa rangkaian kegiatan acara penuh sampai tengah malam. Dan akhir nya setelah mendapatkan semangat dari “Someone” special via telepon akhir nya beranjak dari tempat  tidur hahaha (LOL). Salah satu kegiatan dihari minggu saya adalah untuk datang menghadiri acara jalan jalan ke Tabek Indah

Yak Minggu pagi  tepatnya minggu pertama dibulan February pada tanggal 07 February 2016 kami dari komunitas Jendela Lampung diundang untuk menghadiri perayaan ulang tahun kedua Komunitas JJE (Jalan-jalan Edukasi) di Taman Wisata Tabek Indah Natar.

Seminggu sebelumnya kami sudah terima undangan dari komunitas JJE tersebut, rekan kami Eka Apriyani yang menyampaikan pesan tersebut, sekalian juga yang mengkoordinatorkan kami dengan pihak penyelenggara acara tersebut, namun sayang sekali saudari Eka tidak dapat menghadiri acara tersebut, dikarenakan kurang sehat. Seperti yang sudah dijadwalkan semalam sebelum akan datang keacara kami akan mewakili dari komunitas Jendela tercatat 15 anggota yang akan menghadiri kegiatan tersebut diantaranya adalah (Eka, Lidya, Berta, Deary, Cici, Donna,Sigit, Arif, Dana, Tyas, Andris, Nadia, Yudha, dan saya sendiri  Dede Sumantri). Tiket masuk juga sudah di pesan dan akhirnya yang berkesempatan untuk bisa hadir hanya kami bertiga yaitu Saya (Dede), Sigit dan Arif. Teman-teman yang lain sedang kurang sehat dikarenakan sabtu malam kami bersama sedang ada dalam kegiatan Potlock Party yang mungkin membuat rekan-rekan kelelahan sampai kurang enak badan, memang kondisi cuaca juga tidak mendukung.

Sesampainya dilokasi waktu sudah menunjukan pukul 8 lewat, seharusnya terjadwal sampai di lokasi pukul 7, hahaha telat deh maklum jarak dari rumah ke taman wisata Tabek Indah cukup jauh (Tanjung Karang – Natar Lampung Selatan). Briefing dari panitia penyelenggara pun sudah selesai, untung saja rekan kami Sigit & Arif sudah sampai duluan dan bisa untuk mewakilkan absensi kehadiran. (brifing di lakukan di area pelataran parkir).

Kami akhirnya terpilih untuk mendampingi adik-adik dari Panti Asuhan Rhodatus Sibyan, tidak selang beberapa lama angkutan yang membawa rombongan adik-adik tersebut tiba.

Wah senang sekali melihat senyum mereka sambil turun dari angkutan, langsung saja saya hampiri mereka untuk mengarahkan tempat berkumpul sambil berjabat tangan. Terdapat kurang lebih 40 anak yang hadir dari panti asuhan Rhodatus Sibyan beserta wali pendamping. Ada ibu-ibu, Bunda mereka (adik-adik) memanggil nya, saya pun lupa namanya hehe. Adik-adik saya bariskan yang rapi yang cantik dan ganteng ganteng pastinya, alias di buatkan barisan berdasarkan genre laki-laki dan perempuan. Lanjut kami membuka salam dengan ‘Assalamualaikum Wr.Wb’ . satu persatu saya Sigit Dan Arif memperkenalkan diri di hadapan adik-adik panti. Setelah itu kami juga ingin tahu siapa-siapa saja nama-nama adik tersebut, pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak cinta eeaaa ahaha, kami bergantian menyebutkan nama mereka untuk diabsen dan ternyata ada 38 yang hadir, 2 adik sedang dalam keadaan kurang sehat jadi tidak ikut hadir. setelah sapa-menyapa kepada adik-adik, kami lanjutkan dengan foto sesi bersama dengan background “ 2ᵑ Anniversary JJE Lampung”.

 

jje

 

Setelah itu kami ber-iringan dan berbaris panjang masuk kearea taman, setelah sampai ditaman segeralah adik-adik kami gabung dengan teman-teman dari panti lainnya, sambil menunggu teman-teman dari panti lainnya adik-adik dipersilahkan untuk duduk sejenak di taman nan hijau dan luas. Sambil bercanda mengobrol singkat dengan adik-adik dan memakan makanan ringan yang sudah di sediakan oleh panitia.

Tepat pukul jam 09.00 waktu menunjukan, acara pun dibuka oleh Mc dari kakak Panitia, “Selamaaaaat pagi semuaaaaa ‘Assalamualaikum wr.wb’ Hallo ? haaii semua” ucap mc sambil berulang. Salam sapa dari kakak panitia semua, sambil meng-absen Semua peserta yang hadir di Lapangan Hijau, beberapa diantara nya Komunitas dan Panti asuhan serta Pondok pesantren. Pertama-tama acara diisi dengan sambutan dari ketua Pelaksana serta oleh Ketua Koordinator komunitas, lanjut acara singkat di mulai lagi dengan pembacaan ayat suci Al-quran, tidak lama kemudian acara syukuran dengan Memotong Tumpeng sebagai simbolis perayaan ulang tahun. Sebelum acara bermain dan bersenang-senang baiknya kegiatan dimulai dengan membacakan Doa, Doa pun dipimpin pak Ustadz (saya lupa nama bapaknya hhe). Namun isi Doanya sangat bagus sekali, semua hadirin diminta dengan khusyuk berdoa bersama. Aamiin . doa pun selesai.

Acara kemudian adalah perlombaan, namun disini adik-adik dikelompokan berdasarkan tingkatan sekolah mereka, jadi dipisahkan menurut kelompok SD, SMP & SMA. Supaya perlombaan dilakukan dengan adil dan lawan nya seimbang. Saya pun kebagian menjadi pembimbing Kelompok SD, awal nya saya membimbing 10 anak sendirian, namun disini saya ada yang menemani yaitu adik dari Palembang yang sedang berlibur dan kebenaran di ajak sanak saudara nya untuk mengikuti acara yang seru ini, yaaak Syifa nama nya. Akhirnya saya tidak sendirian untuk menghandle adik-adik ini, karena membimbing adik-adik 10 orang cukup menguras tenaga jikalu sendirian ehehe. Masuk kelomba pertama adalah Makan Kerupuk, tidak seperti lomba yang biasa nya kerupuk disini di lumuri dengan kecap supaya makan kerupuk ada rasa manis-manisnya gitu dan biar kerupuk susah untuk dimakannya bisa saja ide kakak panitianya. Lomba kedua adalah memecahkan balon dengan jarum dan dengan mata tertutup, dan terakhir adalah perlombaan memasukan bola ke dalam lubang yang telah di beri nilai, lubang yang telah di beri nilai ini ada 5 buah lubang.  Ada nilai berlubang 10,20,30,40 & 50. Jadi nilai atau score yg didapat adalah bola yang telah masuk ke dalam lubang, tentu nya score tinggi adalah lubang yang paling sulit di lempari oleh bola. Alhamdulillah Selesaai juga sesi perlombaan di pagi menjelang siang ini .

jje1

Selanjutnya semua hadirin berkumpul kembali dilapangan untuk melakukan Tabur-tabur PolyPowder, yaitu lempar lemparan bubuk warna ke langit-langit, tentu saja tidak seperti yang di bayangkan. Bubuk warna dengan usil nya saling di lemparkan ke teman terdekat maupun kakak-kakak yang ada di samping kiri dan kanan. Sungguh meriah acara ini Adik-adik berlarian sampai terjatuh namun sangat bahagia dan tertawa lepas.

Waktu menunjukan setengah 12, saat nya siap untuk bersih-bersih serta makan siang. Selepas makan siang wajib bagi umat muslim melakukan shalat Dzuhur .

Setelah jam Ishoma waktu nya pembacaan Ikrar, Visi & Misi komunitas dan dilanjutkan dengan pembacaan pemenang perlombaan tadi pagi, adik-adik tidak sabar mendengar pembacaan pemenang lomba, yeaaay Alhamdulillah Kelompok 14 yaitu kelompok yang saya dampingi tadi menjadi Pemenang juara 2. adik-adik itu senang sekali menerima hadiah.

Selain pemenang juara lomba ada banyak doorprice yang diberikan berupa bingkisan untuk peserta paling heboh peserta paling kompak sampai peserta paling rapi.

Menginjak acaara selanjutnya adalah permainan lempar air yang ada didalam plastic. Jadi begini, kakak-kakak panitia mempunyai misi, mereka(kakak-kakak JJE) bergerumun membawa lilin yang sudah dihidupkan dan mereka berusaha membawa lilin tersebut sampai tiang bendera ikrar, namun di sisi lain adik-adik melempari mereka dengan air yang ada didalam plastic, melempari mereka dengan bubuk warna dan ganggunan lainnya, seperti itu Cukup seru. Kemudian acara di lanjutkan dengan membuat kenangan, media yang digunakan bukan foto atau apapun, disini kakak-kakak panitia sudah menyiapkan kanvas kertas dan beberapa cat warna, yaa benar sekali kenangan yang dibuat kali ini adalah Hand Painting, jadi setiap adik-adik wajib memberikan cap (telapak tangan) warna ke dalam kanvas. Akh cantik sekali kenangan yang di berikan berwarna-warni dari biru, merah, kuning, merah muda dan lainnya.

jje3

Rangkaian acara demi acara sudah di lewati, tak terasa waktu menunjukan sore hari, saatnya mengkondisikan pemulangan semua peserta untuk dibariskan kembali dalam lapangan hijau. Alhamdulillah acara sudah ditutup oleh kakak panitia, terakhir semua adik-adik sambil jalan pulang berbaris sambil bersaliman kepada semua para hadirin dan pembagian makanan ringan untuk di cemil diperjalanan.

Perpisahan pun tak terelakan setelah sampai dipelataran parkir, “hati-hati ya dik dijalan jangan lupa sholat dan terus berdoa serta belajar yang rajin”, “iya kakak kalo ada waktu main ke panti kami ya Rhodatus Sibyan di sukarame”, begitu pesan beberapa adik-adik. ok dik dada …..

Sampai jumpa kembali di lain kesempatan

wassalam

Waaaahh seru sekali dan senang merasakan atmosfer yang berbeda dari hari yang lainnya,  bisa berbagi dan menemani anak-anak dari panti.

Sekian cerita dari saya Jalan-jalan dengan 1100 anak Panti

Terima kasih.

By : Dede Sumantri

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.