Jendela Mereka, Jendela Kita…

Jendela Mereka, Jendela Kita…
Oleh: Riska Rahmawati

Photo 1-27-16, 11 13 53 AM
Seperti kata ungkapan lama, buku adalah jendela dunia. Melalui buku semuanya bisa didapat karena itu komunitas ini mengedepankan buku sebagai daya tarik dan pendorong pendidikan bagi anak-anak sekitar Kali Code, Yogyakarta.
Tepat pada tanggal 10 januari 2016, kami dari Pembinaan Anak-anak Salman Institut Teknologi Bandung biasa disingkat PAS ITB datang untuk mengunjungi, berbagi serta menginspirasi bersama Komunitas Jendela. Lebih dari itu kami berharap mampu mengambil setiap pelajaran yang didapatkan dari setiap pertemuan bersama adik-adik dan jendelis.
Awal perjumpaan kami diwarnai dengan senyum merekah dari adik-adik binaan Komunitas Jendela Jogja. Meskipun tidak semua adik dapat menghadiri kegiatan kami, namun dengan adanya perwakilan dari mereka pun kami merasa sangat senang karena dapat memiliki kesempatan untuk berkenalan serta berbagi dan menginspirasi seperti kegiatan yang kami lakukan kali ini. Kedatangan PAS ITB dilatarbelakangi oleh suatu kegiatan akhir semester yang kami sebut EKSPANSI (Ekspedisi Kakak PAS Sejati). Komunitas jendela merupakan salah satu komunitas yang kami kunjungi di ekspedisi kali ini. Salah satu alasan mengapa memilih komunitas ini adalah karena rasa bangga dan salutnya kami PAS ITB atas dedikasinya para relawan untuk berbagi serta menginspirasi adik-adik binaan untuk lebih membuka jendela cakrawalanya melalui buku.
Kegiatan yang kami lakukan bersama adik-adik dan jendelis (relawan komunitas jendela) yaitu mendongeng, dengan media dongengnya berupa boneka jari yang dibuat sendiri bersama-sama dengan adik-adik dan para jendelis. Sebelum melakukan kegiatan kami melakukan circle time terlebih dahulu, kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan rutin yang kami lakukan sebelum dimulainya kegiatan mentoring rutin dengan adik agar adik lebih fokus dan sebagai penarik perhatian. Melihat keseruan adik-adik kami melanjutkan kegiatan yaitu membuat boneka jari sebagai salah satu media untuk mendongeng. Disini kami terbentuk dalam empat kelompok dan memberikan tantangan kepada adik untuk membuatnya serta bercerita sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka.

Photo 1-27-16, 11 13 34 AMPhoto 1-27-16, 11 13 56 AM
Kegiatan kami diakhiri dengan kreatifitas mendongeng adik yang luar biasa. Perjalanan jauh dari Bandung terbayarkan sudah bahkan lebih karena melihat tawa riang anak-anak serta jendelis yang ada. Terima kasih banyak adik serta jendelis dari Komunitas Jendela, kalian telah membuka lebih lebar lagi jendela yang kakak punya semoga kita berkesempatan lagi untuk berjumpa, berbagi, dan menginspirasi bersama-sama. 🙂

-Kak Imel PAS ITB-

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.