Kado Terbaik

[Quote of the day]

Waktu adalah kado terbaik. Karena saat seseorang memberikan waktunya, dia memberikan sebagian hidupnya yang tidak bisa diambil kembali”

***

Rindu…
Mungkin satu kata itu yang dapat mewakilkan perasaanku saat ini. Aku kembali berada ke tengah-tengah adik-adik dan kawan-kawan Jendelist setelah hampir lebih dari sebulan aku tidak ikut kegiatan bersama mereka. Komunitas ini fokus bergerak di dunia anak-anak, terutama pada bidang literasi. Meskipun bertujuan meningkatkan minat baca anak, bukan berarti kegiatan yang kami lakukan hanya diam di perpus dan membaca buku. Kami mencoba mengemas setiap ilmu atau informasi yang ingin kami berikan ke adik-adik melalui berbagai cara seperti menggunakan media gambar, membuat prakarya, permainan, dan eksperimen.

Kali ini aku berkesempatan untuk mengikuti kegiatan di Ngempak. Ini bukan pertama kalinya aku bermain bersama adik-adik Ngemplak. Melihat kembali tawa riang mereka di sela senda gurau membuatku semakin bersemangat. Meskipun cuaca tidak mendukung, adik-adik masih terlihat antusias. Misi kami minggu ini yaitu belajar menyenangkan melalui eksperimen ‘Fun Science’. Kami melakukan percobaan ‘Susu Pelangi dan Air Ajaib dalam Gelas’. Rasa ingin tahu dan penasaran tergambar jelas di raut wajah mereka. Ketika terbentuk bulatan warna yang tidak bercampur pada susu atau naiknya air dalam gelas, mereka terlihat keheranan. Mungkin terbesit dipikiran mereka bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi?”. Memang tidak mudah untuk memberikan informasi secara tersirat dengan gaya bahasa sederhana dan masuk akal agar mudah dipahami oleh adik-adik. Namun, di sanalah tantangannya. Tidak hanya sekedar menemani mereka bermain, tetapi kami juga bertanggung jawab terhadap tersampaikannya materi. Sempat muncul rasa khawatir mereka tidak mengerti apa yang aku ucapkan. Namun diluar ekpektasi mereka sangat tertarik. Hal itu tercermin dari ekspresi wajah mereka. Berinteraksi langsung bersama mereka membuatku sadar bahwa anak-anak mempunyai sifat yang unik. Setiap anak mempunyai emosi yang berbeda-beda dalam menanggapi sesuatu. Emosi seperti rasa senang, sedih, marah, takut yang mereka rasakan, akan diluapkan melalui tingkah laku dan ekspresi tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Melalui kegiatan ini aku memperoleh banyak hal. Adik, teman, dan pengalaman yang berharga. Aku telah memilih untuk belajar dan berbagi di tempat ini. Belajar untuk dapat bermanfaat dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Berbagi tidak dapat dihitung dari apa yang kita miliki, tetapi apa yang kita berikan. Mungkin tidak banyak yang bisa kuberikan, namun setidaknya akhir pekanku bersama kalian. Waktu adalah kado terbaik. Karena saat seseorang memberikan waktunya, dia memberikan sebagian hidupnya yang tidak bisa diambil kembali.

 

Written by Made Gendis Putri P.

Leave a Reply