Kapal Itu Bernama “Rainbow Warrior”

One Day Trip Kelas B Sungai Bambu Jendela Jakarta

Lokasi: Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok

Waktu: 29 April 2018, 09.00 – selesai

One Day Trip kali ini, Jendela Jakarta berkesempatan untuk mengajak adik-adik untuk mengunjungi Kapal Rainbow Warrior, salah satu media kampanye dari Greenpeace dengan tema besar “Jelajah Harmoni Nusantara”.

Bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok, kapal ini singgah di perairan Jakarta dari 25 – 29 April 2018 setelah sebelumnya kapal ini berlayar di perairan timur yakni Papua dan singgah di pulau Bali. Dengan fokus masing-masing di tiap daerah, kali ini Rainbow Warrior mengangkat fokus harmoni kota yang selaras dengan kondisi di ibu kota Indonesia sebagai daerah dengan tingginya aktivitas industri dan permasalahan lingkungan.

Adik-adik kelas B Sungai Bambu yang berjumlah 16 orang, berkesempatan untuk menjelajah kapal dan mendapat wawasan tentang isu lingkungan saat ini seperti sampah di laut dan polusi udara karena aktivitas industri maupun kendaraan bermotor. Selain itu, adik-adik melihat berbagai dokumentasi isu lingkungan yang terjadi di Indonesia melalui media poster dan video. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan wawasan adik-adik terkait lingkungan secara luas. Sehingga nantinya, adik-adik akan lebih peduli dan dapat membuat gerakan kecil untuk lebih mencintai lingkungannya.

Kegiatan kali ini ditutup dengan sangat seru. Adik-adik dikenalkan dengan energi terbarukan yakni tenaga surya dengan merangkai pesawat dengan miniatur solar cell.

Walaupun cuaca panas dan kondisi cukup ramai karena antusias pengunjung dari segala usia, adik-adik menikmati kegiatan dan semoga akan terus berlanjut pesan baiknya hingga ke adik-adik yang lainnya.

Semangat terus untuk semua relawan cinta lingkungan!

Salam,

Jendela Jakarta.

Leave a Reply