Kembali Aktif Dalam Rutinitas

Minggu, 03 Juli 2018.

Dihari Minggu yang cerah dimana matahari muncul perlahan untuk menyapa adik-adik yang dengan semangat untuk datang  ke RB (Rumah Baca). Satu persatu mereka datang ada juga beberapa adik yang menjemput kawan nya untuk berangkat bareng ke RB. Dengan penuh semangat mereka bergegas untuk mecari ilmu. Sebelum kegiatan rutin dimulai adik-adik berkumpul didepan halaman becanda bersama teman yang lain. Sementara kakak-kakak relawan  menyiapkan peralatan untuk Ice Breaking dan materi.

 

 

Tepat pukul jam 10.00 adik-adik TPA Bakung dengan semangat mengikuti kegiatan Ice Breaking tetapi sebelum itu adik-adik menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan suara lantang, dan membaca doa terlebih dahulu dengan suara yang begitu khas untuk memulai kegiatan. Setelah melakukan kegiatan wajib seperti biasa kakak – kakak Relawan akan membagi adik-adik menjadi 2 kelompok yaitu kelas kelas 0 – 2 dan kelas 3 – 8.

Seperti biasanya adik – adik diwajibkan membaca buku selama 15 menit sebelum memasuki kegiatan formal dan informal agar adik – adik terlatih untuk membaca. Dengan semangatnya adik – adik membaca buku yang mereka senangi terkadang mereka suka berbebut buku untuk mendapatkan buku pilihan mereka. Setelah adik – adik membaca buku yang didampingi oleh kakak – kakak Relawan. Untuk kelas 0 – 2 kami belajar tentang membaca dan menulis ba-bi-bu-be-bo, materi ini lanjutan dari materi minggu kemaren yaitu mengenal huruf vokal dan untuk kelas 3 – 8 kami belajar peribahasa.

 

Tak kalah seru dari materi informal kami, adik dan juga kakak – kakak antusias untuk menyanyikan lagu anak – anak seperti naik kepuncak gunung, naik delman, balonku, burung kakak tua dan masih banyak sekali yang kami nanyikan sampai kita semua tidak menyadari jam sudah menunjukan waktu pulang dan para orangtua  sudah menunggu di halaman untuk menjemput putra putri kesayangan.

Semoga dengan semangatnya adik –adik  mencari ilmu menjadi semangat juga untuk kakak – kakak Relawan memberikan materi dan ilmu yang berguna untuk adik kita TPA Bakung. Jendela… Buka!!

 

Novita Purnama Sari

Leave a Reply