Lebih Dekat dengan Matematika

Minggu, 9 September 2018

Kegiatan Komunitas Jendela Lampung yang rutin dilakukan adalah salah satunya mengajar adik-adik Jendela. Terdapat homebase Komunitas Jendela Lampung di daerah Bakung Telukbetung, kami menyebutnya Rumah Baca. Di Rumah Baca inilah kakak-kakak bersama adik-adik belajar bersama.

Sebelum kami mengajar di hari minggu, sebelumnya kakak-kakak Jendela Lampung melakukan kopdar untuk membahas materi yang akan diajarkan. Dari hasil kopdar yang sudah dilaksanakan pada hari Jumat, adik-adik akan belajar mengenai matematika.

Kegiatan di hari minggu Komunitas Jendela Lampung dimulai dengan berdoa kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nah setelah itu ada Ice Breaking seperti aram zam-zam dan gummy bear. Sebelum masuk ke materi matematika, adik-adik rumah baca selalu menyempatkan waktu untuk membaca. Baik itu membaca buku cerita, dongeng, ensiklopedia dan semacamnya . Setelah membaca buku, kami lanjut masuk materi selanjutnya. Kami membagi kelompok agar memudahkan adik-adik untuk belajar.

Adik-adik belajar didampingi oleh beberapa kakak-kakak Jendela Lampung. Adik-adik yang kelas 0 belajar mengenal huruf dan angka.  Kelas 1 dan kelas 2 belajar tentang penjumlahan dan pengurangan. Kelas 3 sampai kelas 6 mengahapal perkalian dan belajar perkalian menurun dengan menggunakan papan tulis. Untuk yang kelas tinggi yaitu kelas 7 sampai kelas 9 belajar mengenai waktu, misalnya 1 windu = 8 tahun.  

Adik-adik sangat antusias jika pelajaran menghitung. Bisa dikatakan matematika merupakan materi yang sangat dinantikan oleh adik-adik Jendela. Saking antusiasnya ada beberapa adik yang meminta soal latihan supaya lebih menguasai materi. Adik-adik yang mengahapal perkalian juga sudah lumayan lancar karena mengulang pelajaran di sekolah.

Semoga sampai seterusnya bisa seperti ini, kita berkumpul membaur dan belajar bersama. Dengan kegiatan ini, Semoga apa yang telah diberikan oleh kakak-kakak dapat bermanfaat buat adik-adik Bakung dan menjadi ladang pahala untuk kita semua. Aamiin

JENDELA..BUKA!

By Intan Hanifa

Leave a Reply