Mari Menyambut Hari Bumi 2013

Mari Menyambut Hari Bumi 2013
Semakin hari banyak sekali kerusakan lingkungan yang dapat kita lihat. Bahkan dampaknya pun bisa kita rasakan ketika keluar rumah. Udara mulai tercemar oleh asap-asap kendaraan dan suhu pun berubah secara ekstrem setiap harinya. Kesadaran masyarakat akan pemanasan global dan dampak pencemaran lingkungan nampaknya masih jauh dibawah harapan.

Penebangan pohon ada dimana-mana bahkan tidak segan para pengusaha melakukan penggundulan hutan dengan cara dibakar hanya untuk memenuhi kepentingan sendiri. Lama kelamaan semua kegiatan ini berakibat fatal bagi manusia di seluruh dunia. Pasalnya, gas-gas oksigen yang diperlukan manusia dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Dan tumbuhan juga berperan penting dalam pecegahan pemanasan global dengan cara menyerap gas karbondioksida. Jadi, apabila pohon ditebang secara membabi buta seperti ini akan mengakibatkan banyak sekali masalah. Bisa jadi 15 tahun lagi manusia memperjualbelikan oksigen untuk hidup. Sudah sangat jelas yang tidak punya uang akan mati kekurangan oksigen. Dan bumi akan ditutupi oleh air laut karena es di kutub mencair. Tidak ada lagi kehidupan di daratan.

Tidakkah kalian peduli akan nasib kita di masa yang akan datang? Jika memang kalian tidak ingin prediksi saya tersebut menjadi kenyataan, maka yang harus kalian lakukan adalah.
1. Melakukan Pemakaian ulang benda yang masih bisa dipakai (reuse)
2. Mengurangi pemakaian barang-barang yang kurang diperlukan (reduce)
3. Mendaur ulang barang-barang anorganik untuk dijadikan barang yang memiliki nilai lebih (recycle)
4. Menanam pohon (penghijauan)
5. Menyebarkan pesan mengenai pentingnya penghijauan kepada masyarakat
6. Gunakan kendaraan/angkutan Public.
7. Gunakan sepeda saat berpergian dengan jarak terjangkau.
8. Jangan lupa membawa botol minum sendiri.
Sangat mudah bukan? semuanya sudah saya coba lakukan untuk menjaga bumi kita. Tentunya agar nasib kita di masa yang akan datang terselamatkan atau bahkan bisa lebih baik dari sekarang ini. Kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan harus terus dilakukan tanpa henti karena ini semua menyangkut kehidupan manusia nantinya. Selain itu, penghijauan punya banyak manfaat lain, salah satunya adalah dapat memenuhi kebutuhan manusia akan keindahan (estetika). Jadi siapa bilang penghijauan itu tidak ada manfaatnya? Mari hijaukan kembali bumi kita,

Salam Lestari

gilang & berbagai sumber

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.