Sabtu lalu, saya ditunjuk untuk jadi penanggung jawab dan mengajar adik-adik di perpustakaan Manggarai. Karena hari sebelumnya adalah hari buku nasional dan hari Sabtu bertepatan dengan hari Museum Internasional, maka saya mengambil tema perpustakaan dan museum. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan tentang kedua tempat tersebut, karena kedua tempat tersebut merupakan tempat atau fasilitas penting yang harus diketahui dan dikenal oleh adik-adik.

Sekitar pukul 11.00, tidak lama setelah saya sampai di perpustakaan manggarai, mereka sudah siap untuk belajar dan mendengarkan penjelasan dari saya. Sempat sedikit takut jika ada adik-adik yang tidak tertarik atau tidak mengerti, tapi saya dibantu kakak-kakak lain untuk membantu dan mendampingi adik-adik.

Pengetahuan yang saya jelaskan antara lain pengertian perpustakaan dan museum, fungsi dan tujuan dari kedua tempat tersebut, macam-macam atau jenisnya, dan contoh-contoh yang ada di indonesia dan dunia. Selain memberikan materi lisan, saya juga memperlihatkan foto dari contoh-contoh perpustakaan dan museum yang saya jelaskan.

Saya agak terkejut karena ternyata mereka hanya tahu perpustakaan mereka selama ini, yaitu perpustakaan Manggarai. Mereka tidak menyangka bahwa perpustakaan yang seharusnya, adalah perpustakaan yang tersusun rapi, besar, lebih banyak rak dan buku-buku, dan suatu tempat penting untuk masyarakat.

Saya senang karena sudah membangun semangat, bahwa suatu saat nanti perpustakaan Manggarai akan bisa sebagus dan sebesar perpustakaan-perpustakaan yang saya kenalkan pada mereka. Saya juga senang karena bisa membangun sebuah mimpi baru untuk mereka, berkunjung ke perpustakaan-perpustakaan terbesar di dunia.

Pada saat ditanya tentang museum-museum di Jakarta, sudah banyak yang tahu dan bisa menyebutkan karena mereka juga diberi pengetahuan tentang museum di sekolahnya. Tapi hampir semua belum pernah berkunjung ke museum-museum tersebut, mereka hanya bisa menyebutkan ciri-ciri bagian depan museum yang sering terlihat dibuku pelajaran mereka. Semoga rencana kakak-kakak Jendela Jakarta untuk mengajak adik-adik belajar dan berkunjung ke museum bisa segera terwujud.

Sore harinya, adik-adik dan kakak-kakak bermain di halaman depan perpustakaan. Permainan yang diberikan kak Prie bertujuan membangun kerjasama dan keakraban adik-adik satu sama lain.

What a lovely Saturday. Thank you Jendela icon smile Mengenal Museum dan Perpustakaan

Ditulis oleh kak Fatyah (@Fatyah)