Menyambut HUT RI Ke 73

“Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini. Tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi”-Jendral Sudirman.

Minggu, 19 Agustus 2018 masih dengan semangat dan suasana kemerdekaan Republik Indonesia (RI), para jendelist dan adik-adik mempersiapkan acara untuk menyambut kemerdekaan RI yang Ke-73Th. Meskipun matahari terasa sejengkal di atas kepala hari itu, para jendelist dan adik-adik tetap semangat dan antusias untuk menyambut Kemerdekaan RI.

 

Pukul 10.00 WIB, jendelist dan adik-adik berkumpul di lapangan dekat SD Bakung untuk mulai bersiap menyanyikan lagu Kebangsaan RI yang akan dilanjuti dengan lagu Kemerdekaan RI. Setelah menyanyikan lagu Kebangsaan dan Kemerdekaan RI, masuklah ke acara inti untuk menyambut HUT RI yaitu, beberapa perlombaan yang diadakan oleh para jendelist Lampung.

Lomba pertama yang diadakan ialah lomba memasukkan paku ke dalam botol dengan kategori umur 3-6 Th dan 7-12Th. Adik-adik sangat antusias untuk mendaftar dan mengikuti lomba tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan lomba estafet karet dengan kategori umur 0-2 Th, 3-6Th dan 7-12Th yang diikuti kembali dengan lomba balap kelereng dan makan kerupuk.

Lomba Paku dalam Botol, terlihat begitu fokus adik-adik tuk memasukan paku yang diikatkan dengan tali dikepala mereka untuk dimasukkan kedalam botol.

Lomba Estafet Karet, dengan bermodalkan sebuah Pipet (sedotan) dan satu buah karet gelang adik-adik harus konsentrasi penuh supaya karet gelang tidak jatuh saat diserahkan kepada kawan teamnya.

Lomba Balap Kelereng, siapa cepat dia jadi pemenang, dengan aturan main dimulutnya ditaruh sebuah sendok yang diisi satu buah kelereng lalu bisa jalan bisa juga lari asalkan kelerengnya gak jatuh dari sendoknya, dengan fokus tingkat tinggi dan akhirnya sibaju belang-belang menjadi pemenang.

Lomba Makan Kerupuk, lomba ini memang dari jaman old sudah jadi lomba paling ngetop seantero nusantara, bisa dibilang lomba paling abadi, dengan ciri khas siapa yang mangapnya paling lebar pasti jadi pemenang. foto diatas bisa dilihat mana yang paling lebar mangapnya.

Meskipun matahari terasa membakar kulit, hal itu tidak mengurangi semangat dan antusias adik-adik dalam meramaikan acara ini. Hal itu terlihat dari adik-adik yang sangat senang  saat berpartisipasi dalam bebagai perlombaan yang diadakan.

Dengan diadakannya acara memperingati HUT RI, diharapkan adik-adik dan kita semua tetap terus ingat dengan perjuangan para pahlawan terdahulu dan semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme sebagai generasi penerus bangsa Indonesia

Leave a Reply