Minggu Penuh Warna

Minggu 30 September 2018

Setiap Minggu kubangun pagi

Siapkan diri untuk berbagi

Setiap Minggu di pagi hari

Tebar manfaat untuk negeri

Tak terasa kembali bertemu Minggu lagi, saatnya berkegiatan bersama adik-adik Bakung. Di kesempatan kali ini kami kedatangan kakak-kakak dari Genbi (Generasi Baru Indonesia) provinsi Lampung yang seiring dengan program edukasinya mengadakan lomba mewarnai. Akan seperti apa respons dari adik-adik?

Sebelum masuk ke perlombaan, kegiatan dibuka dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan ice breaking yang menambah semangat semua. Kemudian kegiatan membaca buku disambut dengan cukup antusias. Dengan kehadiran kakak-kakak yang ramai membuat adik-adik mendapatkan perhatian saat membaca buku.

Setelah itu, kegiatan inti yang telah dinanti akhirnya tiba, yaitu lomba mewarnai. Ada tiga kategori lomba, yaitu tingkat 0 sampai 2 SD, 3 SD sampai 6 SD, dan tingkat SMP. Sebelum mulai lomba, adik-adik mendapat pengarahan dari kakak Genbi tentang teknik mewarnai. Setelah itu, adik-adik dikondisikan sesuai dengan tingkatannya. Dalam lomba ini, adik-adik diberi kebebasan untuk mewarnai sesuai dengan imajinasi mereka. Terlihat ada banyak warna yang tak biasa dipakai untuk mewarnai gambar kelinci di tingkatan 0 sampai 2 SD. Tapi tak mengapa, malahan memberi arti bahwa adik-adik punya imajinasi dan kreasi tersendiri yang unik. Mereka juga terlihat bersungguh-sungguh dalam mengikuti lomba. Jiwa berkompetisi pada anak-anak memang sangat tinggi dan terlihat dari adik-adik yang fokus mewarnai.

Kurang lebih satu jam waktu diberikan untuk mewarnai. Setelah selesai, saatnya penjurian yang diwakili oleh pihak Genbi dan empat relawan Jendela. Proses penilaian dan pemilihan pemenang cukup menyulitkan juri. Sembari menunggu pengumuman pemenang, kakak Genbi mengisi materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Adik-adik diajarkan cara mencuci tangan yang benar. Adik-adik tampak antusias, bahkan banyak yang sudah hapal gerakan dan lagu cuci tangan. Disampaikan juga cara gosok gigi yang baik dan benar. Setelahnya ada kuis yang dibagikan tentang materi yang disampaikan. Adik-adik masih terlihat malu-malu dalam menjawab pertanyaan. Dengan bimbingan dan dipacu kakak relawan, akhirnya ada empat adik yang berani maju ke depan untuk mengikuti kuis yang diberikan.

Waktu penjurian telah selesai, saatnya pengumuman pemenang! Pemenang disampaikan oleh kakak dari Genbi. Nama pemenang pun satu per satu dipanggil mulai juara III sampai juara I dari tiap tingkatan. Adik-adik terlihat antusias dan senang. Walaupun tak mendapatkan juara, mereka telah menunjukkan kesungguhan dan semangat yang sangatlah membanggakan.

Kegiatan pun usai. Setelah kegiatan, diadakan evaluasi bersama kakak Genbi yang berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih atas kolaborasinya untuk kakak Genbi dan seluruh kakak relawan Jendela Lampung, juga adik-adik yang sudah datang memenuhi rumah baca dengan semangat menyala.

Oleh Gita Prista

Leave a Reply