Para Jendelist Jogja Berkegiatan dengan Para Mahasiswa UPN Yogya

Kegiatan Mingguan di Murangan Sleman – Beberapa waktu yang lalu Komunitas Jendela Jogja dan beberapa mahasiswa UPN melakukan kerha sama untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Pelaksanaannya dilakukan di Jalan Magelang Km.15. Kegiatan pagi itu kami mulai seperti biasa, yakni membaca buku bersama anak-anak Desa Murangan. Kegiatan ini kami mulai pada pukul 8.00. Setelah kedatang kami, mahasiswa-mahasiswa UPN yang sedang melakukan briefing kegiatan KKN melakukan workshop praktikum sains yang kami sekapati bernama “Balon Super dan Pancuran” selama satu jam. Briefing ini dilakukan agar kegiatan kami berjalan lancar.

kegiatan-mingguan-sleman-1

Didalam briefing tersebut dijelaskan dua praktikum. Praktium pertama adalah membuat percobaan tentang cara balon yang ditusuk oleh jarum tidak meledak menggunakan minyak goreng. Sedangkan, praktikum kedua adalah memahami sifat-sifat air salah satunya mengalir ke segala arah. Percobaan kedua adalah mengeluarjan air di dalam plastik menggunakan sedotan, tetapi cara menegeluarkannya dengan meniup sedotan tersebut dan tidak boleh membalikkan plastik berisi air tersebut atau pun menekan plastic tersebut. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah dengan meniup sedotan yang sudah tercelup air sebagian di dalam plastik.

Dalam briefing tersebut juga membahas keinginan dari Komunitas Jendelis jogja untuk mengisi acara dongeng bagi anak-anak. Acara dongeng merupakan topik yang diajukan Jendelist diluar dari kegiatan praktikum. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 10 pagi dan mulai terlihat anak – anak sudah mulai berdatangan ke tempat kegiatan. Mereka masuk ke dalam home stay para mahasiswa KKN UPN, dan kami pun langsung mengakhiri briefing dan menyambut anak-anak dengan berkenalan dan mulai mengajak membaca buku. Anak-anak memilih buku-buku yang mereka minati. Hal ini menunjukkan antusias terhadap. Mereka tak jarang bertanya tentang informasi yang mereka dapatkan dari buku.

Dengan sigap kami pun menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Kegiatan membaca kami lakukan selama 30 menit. Setalah itu, semua anak diajak ke lapangan untuk memulai kegiatan praktikum sains yang sudah kami rencanakan dengan para mahasiswa KKN sebelumnya. Praktikum itu juga disertai oleh modul untuk anak-anak baca. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca mereka sesuai visi kami. Mereka pun membaca dengan teliti. Percobaan pertama pun dimulai, anak-anak mulai meniup balon hingga besar. Setelah itu, mereka mengoleskan permukaan balon, lalu mulailah meeeka menusukkan jarum pada balon. Tetapi, sebagian anak tidak berani menusukkan balon itu karena mereka takut balon itu akan meletus. Ketika jarum yang distusukkan tidak berhasil membuat balon meletus, ekspresi anak-anak menjadi gembira. Beberapa diantara mereka merasa aneh karena melihat jarum yang ditusukkan ke dalam balon tidak berhasil meletus. Selanjutnya, praktikum kedua dimulai dengan menggunakan tekanan yang ditahan agar udara dapat mendorong air untuk keluar dari plastik melalui sedotan.

Setelah praktikum selesai anak-anak mendengarkan dongeng tentang bagaimana melatih sifat rela berkorban kepada sesame dan berbakti pada orang tua. Semua acara berjalan hingga selesai tepat pada pukul 12.00. Mereka pun pulang dengan sangat senang dengan ilmu dan pengalaman baru bersama paa mahasiswa KKN UPN dan Komunitas Jendela Jogja.

kegiatan-sleman-mingguan-2 kegiatan-sleman-mingguan-3

By: Adrian Kemal

Editor: D. Darmasetiadi

 

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.