Pengalaman Pertama

[Quote of the day]

***

Minggu, 27 Agustus 2017

Ini pengalaman saya yang pertama ikut kegiatan mingguan. Rencana awal kumpul di Masjid Agung, lalu kita semua berangkat bersama-sama. Perjalanan kami menuju ke arah barat. Di sepanjang perjalanan, ternyata masih banyak terdapat sawah dan perbedaan-perbedaan yang terlihat jelas antara pusat kota dengan tujuan kami walaupun jaraknya tidak terlalu jauh.

Waktu itu sekitar 10 sampai 15 (termasuk saya) kakak-kakak Jendelist ikut berkegiatan di Bantul. Sesampainya disana, anak-anak sudah menunggu sambil bercerita dan membaca buku yang ada di rak.

Dilanjutkan dengan briefing sebentar di awal tentang pembagian kelompok dan lain-lain. Karena bulan ini adalah bulan Agustus, jadi kami mengusung tentang kemerdekaan. Mulai dari pengenalan sejarah tentang kemerdekaan, games menyusun teks proklamasi, menebak letak kota, dan provinsi yang ada di Indonesia dan games ala-ala pitulasan.

Pendampingan dibagi berdasarkan kelompok umur anak

Pada awalnya, saya kebagian mendampingi anak-anak yang sudah lebih besar dari segi umur ketimbang yang lainnya. Saya sempat gelagapan saat harus berbicara dengan Bahasa Jawa karena saya tidak terbiasa. Alhamdulillah saat sesi perkenalan mereka mau mengerti saya dan jawaban mereka lucu-lucu dan bikin tertawa.

Anak-anak belajar tentang kota dan provinsi di Indonesia

Tapi momen itu segera tergantikan saat saya di-rolling untuk mendampingi anak-anak yang kalem, perlu perjuangan ekstra untuk mendapat perhatian mereka agar mereka bisa mengungkapkan sesuatu dengan percaya diri. Dibantu oleh kakak-kakak Jendelist, saya dan beberapa teman akhirnya bisa akrab dengan mereka. Kita pada saat itu, berakhir dengan membaca buku bersama-sama walaupun masih malu-malu.

Walaupun rundown tidak berjalan sesuai rencana, tetapi anak-anak di Bantul terlihat sangat bersemangat mengikuti kegiatan hari itu. Di halaman posyandu, diadakan lomba memasukkan pulpen ke dalam botol dan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada juara.

Lomba memasukkan pulpen ke dalam botol

Karena hari itu adalah pengalaman pertama saya, saya merasa masih kurang aktif dan lebih banyak mengamati dan berfikir tentang bagaimana caranya mengulang masa kanak-kanak yang sudah tertinggal jauh saat kita harus bisa berinteraksi dengan mereka? Saya tidak langsung mendapat jawaban hari itu, tapi jawaban yang saya dapat sekarang adalah dengan memahami mereka.

Kesan saya adalah kegiatannya menyenangkan dan semuanya bersemangat mengikuti kegiatan yang ada. Di akhir kata, saya merasa harus lebih aktif dan lebih memahami mereka.

 

Written by Intan Shafa

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.