Pentingnya keluarga

Minggu, 08 Juli 2018

 

Minggu pagi yang cerah, matahari mulai menampakan dirinya perlahan-lahan. Pagi yang cerah memberikan semangat baru untuk para adik-adik menuju RB (rumah baca). Mereka datang bersama-sama dan ada yang didampingi oleh orangtua bersemangat berjalan menuju RB, matahari makin tinggi dan makin menghangat namun tak melunturkan semangat mereka.

Sampai di RB mereka menunggu sambil bercanda bersama, kakak-kakak relawan pun sedang mempersiapkan peralatan Ice Breaking dan materi. Setelah semua siap adik-adik TPA Bakung menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu diteruskan membaca doa dengan khidmat. Kegiatan Ice breaking dipimpin oleh kakak-kakak relawan dan di ikuti oleh para adik-adik dengan semangat dan ceria.

Setelah Ice breaking selesai kakak-kakak relawan pun membagi kelas adik-adik menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 0-2 dan 3-8. Setelah membagi kelas seperti biasa adik-adik diwajibkan membaca buku selama 15 menit sebelum melakukan kegiatan formal dan informal. Kegiatan ini dilakukan agar adik-adik TPA bakung terbiasa membaca buku, setelah waktu membaca berakhir adik-adik melakukan kegiatan formal yang di pandu oleh kakak-kakak relawan.

 

Adik-adik kelas 0-2 minggu ini akan belajar membaca dan menulis Ca-Ci-Cu-Ce-Co. sedangkan untuk kelas 3-8 dalam rangka memperingati hari Keluarga Nasional mendapat materi peran-peran dan pentingnya keluarga yang di pandu oleh kakak-kakak relawan, adik-adik mendengarkan dan mencatat materi yang diberikan oleh kakak-kakak relawan. Setelah kegiatan formal berakhir dilanjutkan kegiatan informal dengan bercerita tentang keluarga dan menyanyikan lagu keluarga yang didampingi oleh kakak-kakak relawan.

Adik-adik 0-2 juga menyanyikan lagu-lagu daerah dengan semangat dan bergembira seperti yamko rambe yamko, cublak-cublak suweng, ondel-ondel dan masih banyak lagi. Semua menikmati suasana baik adik-adik maupun kakak-kakak relawan, hingga tak terasa matahari makin naik dan sinarnya makin menyengat mengisyaratkan bahwa sudah sampai waktu pulang.

Adinda Artikasari Sukoco

 

Leave a Reply