Peringatan Hari Kemerdekaan RI

2013-08-18_23.18.06[2]

 ” Semangat ’45 Tidak Akan Luntur di Jiwa Kami “

Itulah perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan semangat kemerdekaan dari adik-adik kami di Manggarai. Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Kami Komunitas Jendela cabang Jakarta bersama adik-adik didik di Manggarai, berkesempatan untuk ikut bersama memperingati hari yang bersejarah ini. Hari dimana kemerdekaan, mutlak milik seluruh bangsa Indonesia.

Antusias yang sangat tinggi dalam memaknai nasionalisme bangsa, terceminkan dalam upacara bendera sederhana yang dilakukan oleh adik-adik di Manggarai bersama kakak-kakar relawan. Dengan kesederhanaan dan keterbatasan yang ada, tidak menyulutkan nasionalisme adik-adik untuk mencintai Negeri dan Bangsa ini. Upacara yang berlangsung dengan hikmat dipagi yang cerah itu, memberikan makna mendalam bagi adik-adik kami yang sederhana. Terlebih saat Berdera Merah Putih dikibarkan oleh adik-adik, Lagu Indonesia Raya dinyayikan lantang saat Sangsaka Merah Putih berkibar ke puncak dan teks proklamasi dikumandangkan dengan semanagt serta seksama, terlihat kebanggaan yang sangat bagi mereka – adik-adik kami di Manggarai.

2013-08-18_23.27.12[1]

Seusai upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan kemeriahan lomba-lomba yang sudak kakak-kakak relawan sediakan untuk adik-adik. Terdapat lomba makan kerupuk, memasukan pensil ke botol, balap kelereng, memindahkan kacang dengan sumpit, dan estafet pintar.  Adik-adik sangat antusias mengikuti lomba-lomba ini. Suasana pun menjadi meriah sekali, yang diikuti berlangsungnya lomba-lomba tersebut, ditambah juga support dari para orang tua yang mendukung anaknya memenangi lomba. Gelak tawa, keceriaan, kekompakan, dan kebersamaan mewarnai acara yang meriah ini dengan penuh makna.

2013-08-22_06.27.56[1]

Sebelum acara pembagian hadiah bagi pemenang lomba, beberapa adik-adik kita sudah menyiapkan suguhan acara teatrikal Drama Kemerdekaan Indonesia. Drama berlangsung dengan baik yang disaksikan oleh adik-adik yang lainnya, beserta kakak-kakak relawan dan warga sekitar. Setelah itu Pembagian hadiah dilakukan untuk para pemenang lomba. Adik-adikpun sangat gembira menerima hadiah-hadiah yang disiapkan. Tak lupa mengabadikan moment bersama dengan adik-adik di Manggarai, (Sayangnya beberapa kakak relawan dan adik-adik sudah meninggalkan acara,L),  tapi tetap Cheersss..

2013-08-22_04.15.51[2]

Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Komunitas Jendela – di Manggarai, Jakarta. Alhamdulillah berlangsung dengan sukses dan lancar. Tak ada kebahagiaan bagi kami selain memberikan ilmu dan melihat senyuman serta keceriaan adik-adik kami.

Terima Kasih Kepada Kakak-kakak Relawan, Para Donatur, Sponsor “CSM Cargo” , Ketua RT Setempat dan Semua Pihak yang mendukung suksesnya acara ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dan ada yang tidak tersebut dalam artikel ini.

Sekian……

 

By: Deni Tp

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.