Persiapan Menyambut Ramadhan

Minggu 13 Mei 2018

Minggu pagi ini adik-adik bakung masih diberikan kegiatan seperti biasanya, untuk mengawali kegiatan rutin dirumah baca pasti selalu diawali dengan Ice Breaking dengan gerakan-gerakan ringan seperti Aram Zam-Zam dan Gummy Bear untuk membuat semangat adik-adik dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh kakak-kakak relawan. ada yang beda dalam minggu kali ini, karena kita sebentar lagi akan menyambut bulan Suci yang penuh ampunan dan penuh berkah yaitu bulan Suci Ramadhan, maka materi yang disampaikan keadik-adik adalah tentang kesiapan-kesiapan  untuk menyambutnya.

Adik-adik yang datang dan belajar dirumah baca diajarkan tentang amalan-amalan mulia yang dapat dilakukan dibulan Ramadhan, seperti mengaji dan menghafalkan doa-doa, selain itu adik-adik juga diajarkan untuk lebih memahami bulan Suci Ramadhan dengan lebih baik, dimulai dengan mengamalkan amalan wajib dan menambah amalan-amalan sunnah yang sangat dianjurkan.

Materi yang diberikan cukup beragam, mulai dari mengenal huruf hijaiyah untuk adik-adik kelas 0-2, memahami keutamaan puasa untuk adik-adik kelas 3-4 dan memperdalam pemahaman tentang hukum-hukum puasa untuk adik-adik kelas 5-8. Materi-materi yang diberikan oleh kakak-kakak relawan dikemas dengan apik, diikuti dengan permainan-permainan yang mengedukasi, seperti permainan mewarnai huruf hijaiyah, mencari kata-kata tentang materi puasa yang sudah diberikan dan susun kartu doa tentang puasa. Materi-materi yang dikemas dalam permainan ini membuat adik-adik tidak menjadi bosan dan dapat meningkatkan kreatifitas, mengasah kemampuan bersosialisasi serta meningkatkan daya ingat adik-adik tentang materi karena diajarkan sambil bermain.

Diharapkan dengan diperkenalkannya bulan ramadhan, adik-adik menjadi terinspirasi untuk menjalankan dan meningkatkan ibadah-ibadah dibulan ramadhan yang penuh berkah ini.

Selamat Menyambut Bulan Ramadhan

Ade Nurul Ashifa

Leave a Reply