Pre Event Indonesia Community Network 2013

Pada tanggal 01 Juni lalu, saya, Asty, Ferdy, dan Gilang mendapat kesempatan untuk mewakili Jendela Jakarta dalam rangka pre event Indonesia Community Network 2013 yang diselenggarakan di hotel Novotel Gajah Mada, Jakarta Barat.

Indonesia Community Network (ICN) 2013 merupakan suatu kegiatan berskala nasional yang mempertemukan hingga ratusan komunitas dari seluruh Indonesia. Komunitas-komunitas tersebut akan berkumpul bersama untuk saling berbagi informasi, bertukar pikiran, dan bersosialisasi serta menyuarakan tentang misi optimis mereka.

Tujuan dari penyelenggaraan Indonesia Community Network adalah :
1. Memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi demi pemberdayaan potensi setiap komunitas
2. Inisiasi mempersatukan semangat perubahan melalui pemberdayaan kolaborasi antar komunitas
3. Mewadahi aspirasi suara komunitas dalam berkarya membangun negeri

Indonesia Community Network mengusung tema yang bertajuk “DO! NATION” dengan menggaungkan spirit optimis yang dilakukan oleh para komunitas maupun tiap pemuda pemudi Indonesia dalam melakukan perubahan maupun melakukan kontribusi sesuai bidang masing-masing.

Inisiator gerakan ICM:
OptimisMe, yaitu merupakan sebuah gerakan spirit perubahan untuk kemajuan Indonesia yang lebih baik melalui peran dan tanggung jawab generasi muda. OptimisMe merupakan gerakan yang diinisiasi oleh 3 pemuda dengan latar belakang yang berbeda, yaitu:
1. Doddy A. Matondang (Entrepreneur)
2. Gerryl Besouw (Aktivis & Pengusaha)
3. Taufan Akbari (Dosen &Youth Personal Mastery Coach)

Untuk mempermudah mekanisme pelaksanaan acara, maka berbagai komunitas yang ada akan terbagi berdasarkan fokus dan area masing-masing. Pada kesempatan tersebut ICN membagi dimensi area interest komunitas menjadi 8 (delapan) bagian , dimana mereka menggunakan istilah “Task Force” dalam pelaksanaan acara ini. Fokus area komunitas tersebut diantaranya:
1. Kesehatan (Health)
2. Pendidikan (Education)
3. Seni, Budaya dan Sejarah ( Art, Culture and History)
4. Gaya Hidup (Life Style)
5. Hak Asasi Manusia (Human Rights)
6. Teknologi dan Media (Technology and Media)
7. Lingkungan (Environment)
8. Gerakan Kepemudaan (Youth Movement)

Dalam pembagian task force tersebut, komunitas jendela jakarta masuk ke dalam area interest pendidikan. setiap bagian dibagi ke dalam ruangan yang berbeda untuk memperkenalkan komunitas masing-masing, menyuarakan misi dan visi untuk perencanaan kedepan.

Indonesia Community Network Goals:
– Buku Komunitas, Do Nation (Documentary Of Nation)
Buku komunitas yang diusung akan bertajuk Do! Nation! (Documentary Of Nation) merupakan suatu buku yang di rumuskan dari hasil diskusi dalam forum-forum di setiap task force pada pre event Indonesia Community Network 2013.
– Hari Komunitas Nasional ( 29 September 2013)
Dengan pertumbuhan dan pergerakan komunitas yang ada di Indonesia, yang berjuang memberikan kontribusi yang positif bagi Indonesia sudah selayaknya kita harus memberikan apresiasi kepada komunitas yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu tanggal “29 September 2013” pada penyelenggaraan acara utama Indonesia Community Network, akan menjadi momentum bersejarah bagi semua komunitas yang ada diseluruh Indonesia di mana akan di resmikan sebagai Hari Komunitas Nasional.

Demikian penjelasan saya mengenai pre event Indonesia Community Network. Main event Indonesia Community Network akan diselenggarakan pada tanggal 28-29 september 2013.

Fatyah.

Camera 360

20130601_180151

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.