Resensi Buku: Happy Career

Resensi Buku: Happy Carrier

Peresensi: Elvi Fianita

“Jangan Mimpi Sukses Kalau Anda Tidak Merasa Happy”

happy career buku foto

 

 

 

 

 

 

 

 

Judul Buku           : Happy Carrier

Pengarang             : Elvi Fianita

Penerbit                 : PT Gramedia Pustaka Utama

Edisi Cetakan        : Pertama

Jumlah Halaman : 118 Halaman

Tahun Terbit         : 2016

Jika Anda setiap pagi tidak sabar untuk pergi ke kantor dan segera meloncat dari tempat tidur untuk segera berangkat kerja, selamat ! Berarti Anda termasuk sebagian kecil dari orang yang bahagia dengan pekerjaannya. Ya, sebagian kecil ! Karena justru sebagian besarnya, yaitu sebanyak 73% orang tidak bahagia dengan pekerjaannya. Kelompok ini pun terbagi dengan orang-orang yang pasif bertahan meskipun  situasi yang semakin tidak nyaman ataupun sekelompok individu yang aktif berpindah kerja untuk mencari perubahan tanpa benar-benar mengerti apa yang ia cari. Jika Anda mendambakan sukses, jangan pernah tidak perduli dengan ketidakbahagiaan Anda dalam berkarier, atau pun tidak berusaha mencari bagaimana Anda bisa lebih bahagia. Karena kondisi bahagia menghasilkan energi besar yang memungkinkan Anda untuk meraih hal-hal besar juga sehingga sukses menjadi lebih mungkin.

 

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengubah kondisi karier yang tidak membahagiakan ? Buku ini akan menjawabnya secara praktis dan mudah dipraktekkan. Dengan menggunakan konsep Positive Psychology yang tengah menjadi trend di dunia barat, Anda akan dikejutkan dengan beberapa hal yang sepertinya biasa namun ternyata jika dilakukan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kenyamanan emosi Anda di kantor. Diulas dengan bahasa yang mudah dimengerti, pembaca diajak untuk mendapatkan pencerahan mengenai apa yang harus dilakukan untuk membuat pekerja bahagia dan sukses berkarier. Seperti misalnya bagaimana caranya agar kita menjadi optimis atau bagaimana agar dapat lebih peka dengan peluang. Ternyata kemampuan ini bisa diasah dengan teknik yang sangat sederhana namun sudah terbukti keefektifannya. Atau ada beberapa hal yang kita pikir kita sudah tahu, ternyata memiliki dampak besar yang kita tidak sangka, yang diulas dengan gaya yang ringan pula.

Buku ini akan menginspirasi Anda, bahwa seburuk apapun situasi kerja, Anda akan selalu memiliki pilihan yang lebih baik, bahwa Anda selalu dapat melakukan sesuatu. Bahkan pada situasi dimana Anda tidak mungkin merubahnya sekalipun, Anda tetap memiliki pilihan untuk mengubah cara berfikir Anda, sebagai hal yang sebenarnya paling mudah untuk Anda kendalikan. Akan diulas bagaimana Anda memprogram ulang persepsi Anda dalam melihat sesuatu dengan bingkai yang lebih positif, yang tidak saja membuat Anda merasa lebih nyaman namun juga perlahan membuat situasi membaik walaupun mungkin realitanya tetap sama.

Buku “Happy Career” ini cukup unik dalam tampilan isinya. Mengikuti kecenderungan minat baca manusia modern yang tak bisa lagi berlama-lama dengan teks yang padat, apalagi bersaing dengan gadget di tangan, maka tampilan harus ringkas, tapi tetap menarik. Isi buku dikemas layaknya orang membaca slide presentation. Terdapat banyak potongan quote, catatan ringkas, sticky notes, tips, dan kolom kecil berisi ringkasan perjalanan hidup para tokoh yang kita kenal, yang sudah mengaplikasikan prinsip-prinsip yang ada di buku ini. Dan sejalan dengan prinisp Positive Psychology,  mereka adalah orang-orang yang justru tidak mengejar kesuksesan semata, namun kebahagiaan dululah yang mereka kejar. Namun dengan cara seperti ini, kesuksesan yang diraih lebih terasa bermakna dan menjadikan potensi mereka optimal, sebagai individu yang tumbuh menjadi jauh lebih baik secara personal dan spiritual.

Dan yang menarik, prinsip dalam buku ini didasarkan oleh hasil riset yang telah terbukti kebenarannya, sehingga memiliki  peluang membawah perubahan karier yang besar, jika Anda mempraktekkannya.

 

Lima tahun mendatang, Anda akan sama saja, kecuali bertemu dengan seseorang yang memengaruhi hidup atau Anda membaca sebuah buku yang bagus

 

Dan sepertinya buku ini adalah salah satunya….

 

 

Editor: Boy Adisakti

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.