Resensi Novel : Negeri Van Oranje

Kata Siapa Kuliah Di Luar Negeri Gampang?

Kamu hanya butuh satu kejadian, hanya satu!

resensi-buku-negeri-van-oranje

Peresensi            : Heni Kusuma

Penulis                : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Annisa Rijadi, Rizki Pandu Permana

Penerbit              : PT. Bentang Pustaka

Tebal                   : 575 halaman

Cetakan              : Kelima Edisi II, Juni 2015

 

 

Kamu hanya butuh satu kejadian, hanya satu. Percaya atau tidak, dalam kehidupanmu pasti ada kejadian-kejadian kecil yang akan mengubah jalan hidupmu di masa yang akan datang. Satu kejadian tidak sengaja bisa saja menjadi pembuka pintu bagi jalan kehidupan yang lainnya.

Rokok kretek, badai, dan takdir yang tidak disengaja berhasil mempertemukan lima mahasiswa asal Indonesia ini, yakni Lintang, Banjar, Wicak, Daus, dan Geri. Lima putra bangsa Indonesia bersekolah di Belanda demi impian meraih gelar Master. Perjuangan mereka dalam meraih program master pun tidak main-main, mulai dari begadang demi paper, bersepeda 5 km bolak-balik ke kampus setiap hari, proposal tesis yang ditolak, sampai dengan kekurangan uang sangu hingga terpaksa mencari pekerjaan paruh waktu, semua hal ini pernah mereka alami.

Selain menjalani kisah susah senangnya menjadi mahasiswa rantau di Eropa, mereka juga menjalin persahabatan dan berbagi tips untuk bertahan di Belanda. Mereka pun bergelut dengan selintas pertanyaan dibenak mahasiswa yang pernah bersekolah di luar negeri: untuk apa pulang ke Indonesia? Dalam perjalanan menemukan  jawaban masing-masing, mereka harus melalui takdir hidup mereka disana, termasuk dengan kisah persahabatan diantara mereka dan perjalanan cinta mereka di Belanda.

Negeri Van Oranje adalah sebuah novel yang berkisah persahabatan diantara lima mahasiswa yang menempuh pendidikan Master di Belanda. Novel ini ditulis dengan begitu  inspiratif dengan bumbu drama khas anak muda. Kisah ini begitu menghibur dan memberi pengetahuan baru bagi para pembaca. Cerita yang dikemas begitu nyata, penuh kejutan dan disertai footnote-footnote informatif. Bahasa sehari-hari Belanda yang sederhana dan mudah dipahami juga tak lupa diselipkan sebagai pengetahuan. Hal ini menjadikan para pembaca memiliki gambaran apabila mereka ingin melanjutkan studi ke Eropa.

Keakuratan dan detail cerita dalam novel ini cukup menggambarkan kehidupan mahasiswa asing di Belanda. Kehidupan dan gambaran kota-kota yang ada dalam cerita demikian detail dan menarik sehingga menghadirkan kerinduan bagi para pembaca yang pernah hidup atau sekedar mengunjungi Belada atau daratan Eropa lainnya, seperti Brussels dan Barcelona. Dalam novel ini pun juga ada berbagai tips menjadi backpacker di Eropa.

Novel “Negeri Van Oranje” sebagaimana judulnya sanggup mendeskripsikan dengan sangat jelas tentang negara yang pernah menjajah Indonesia. Novel ini sangat cocok untuk segala usia, terutama anak muda yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikannya di Eropa, khususnya Belanda. Ada yang pernah bilang, “Jika kamu ingin mengunjungi negeri dongeng, maka berkunjunglah ke Belanda”. Selamat membaca. Dank U Well!

 

Editor: Doni D

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.