Resensi: Siapapun Bisa Jadi Penulis!

Semua orang bisa menulis kecuali orang yang buta huruf

Judul Buku                  : Kitab Writerpreneur (Jangan Takut Jadi Penulis!)

Penulis                         : Sofie Beatrix

Penerbit                       : PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan Kedua           : Februari 2015

Tahun Terbit               : 2011

Tebal Buku                 : vii + 147 halaman

Pernah membayangkan namamu terpampang indah di-cover depan sebuah buku dalam toko buku yang sering kamu kunjungi? Atau bahkan membayangkan buku karanganmu dipajang dalam deretan buku-buku best seller? Semua itu terlalu berharga kalau hanya dibayangkan saja. Nah, di dalam buku karya Sofie Beatrix yang berjudul ‘Kitab Writerpreneur: Jangan Takut Jadi Penulis!’ ini dapat menjadi jalan untuk mewujudkannya. Melalui buku ini, Sofie Beatrix ingin menunjukkan bahwa siapa pun bahkan penulis, bahkan yang masih pemula sekalipun untuk menghasilkan sebuah buku yang berkualitas.

Dalam buku tentang kepenulisan, biasanya hanya akan ditemukan tips dan trik umum yang dapat menginspirasi para pembaca untuk mencoba menulis. Namun, dalam buku ini Sofie Beatrix juga memaparkan berbagai tantangan-tantangan di setiap babnya kepada pembaca sehingga untuk mempraktikkannya. Kemunculan tantantangan itu menjadikan rasa ingin tahu para pembaca untuk menyelesaikan buku tersebut. Selain itu, dalam buku ini, Sofie juga memberikan contoh pada setiap kegiatannya, misalnya, contoh synopsis buku, resensi buku, hingga blogging.

Buku ini memberikan tips untuk dua tipe penulisnya, yakni fiksi dan non fiksi secara cukup lengkap. Sofie juga menuliskan secara detil bagaimana sebuah buku bermula. Mulai dari tahapan menemukan ide hingga melakukan finishing buku. Ini sangat membantu para penulis pemula yang terkadang masih belum dapat menemukan ide menulis. Tidak hanya tentang memulai dan mengembangkan tulisan, Sofie juga menjelaskan cara jitu agar naskah buku dapat diterima dan diterbitkan oleh penerbit serta mengajarkan cara memasarkan buku agar menjadi buku best seller.

Buku setebal 155 halaman ini dikemas secara apik disertai cover yang lebih menarik daripada cetakan pertama. Bagian dalam buku pun cukup menarik dengan pewarnaan pada tulisan dan beberapa bagian buku sehingga para pembaca tidak merasa bosan. Hanya saja kertas yang dipakai terlalu tipis tidak seperti kertas novel pada umumnya.

Kitab Writerpreneur ini sangat cocok untuk semua orang, terutama untuk para calon penulis dan juga penulis pemula. Karena dengan gaya bahasa yang santai dan sederhana, semi- formal, dan tidak kaku menjadikan buku ini mudah dipahami dan tidak membosankan. Sofie juga selalu memberikan kalimat-kalimat motivasi dan penyemangat di setiap babnya agar pembaca terdorong untuk selalu menulis sampai akhirnya pembaca mampu menyelesaikan karyanya dan menjadi seorang penulis.

 

Peresensi buku: Yara Zahrah

 

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.