Sang Alkemis

JUdul : Sang Alkemis
Pengarang : Paulo Coelho
Penerbit : Alfabet,20011587371

“Sang Alkemis” sebuah karya, sebuah cerita

Legenda, mungkin ini sesuatu yang ada dipikiran para pecinta buku ketika mereka mendengar tentang karya dari Paulo Coelho yang berjudul “the alchemist” atau sang alkemis. Buku yang mengiringi bangkitnya sang penulis, Paulo Coelho ke masa jaya penulisanya. Yeah, mungkin pembahasan artikel ini gak usah formal-formal amat kali yah. Untuk Paulo Coelho mungkin bisa kita bahas nanti, nah yang jadi pembahasan kali ini tentang bukunya, “sang alkemis”.

Untuk versi bahasa Indonesia yang saya punya adalah versi dari Alvabet yang terbit pada tahun 2001 mungkin agak lebih lama dari terjemahan dari gramedia, tapi secara keseluruhan memang sama bagusnya sih. Oke langsung ajah yah, cerita bermula dari sebuah mimpi, mimpi yang didapat oleh seorang penggembala domba yang bernama Santiago dari andalusia, sebuah mimpi aneh tentang harta karun yang ada disuatu tempat diseberang laut, didaratan afrika.

Galau, mungkin itu yang dia rasakan ketika dia harus memilih untuk mengejar sebuah mimpi buram yang dia sendiri tidak tahu apa yang akan terjadi setelahnya. Hemm, setelah itu dia bertanya pada seorang gipsy yang dikenal pintar meramal, menurut ahli ramal tersebut si bocah harus mengejar mimpinya dan sang ahli ramal tersebut meminta bagian dari harta karun yang akan didapat si bocah. Si bocah yang masih galau tersebut akhirnya berjalan kekota, disana dia tak sengaja bertemu dengan orang asing yang dapat membaca pikirannya. Sang orang asing tersebut kembali memberi semangat pada si bocah agar mengikuti mimpi itu, namun dia meminta sepersepuluh dari domba si bocah sebagai pertaruhan dan symbol dari kebulatan tekad. Akhirnya si bocah menjual semua domba yang dimilikinya dan dengan bermodal tekad dan keyakinanya dia pergi menyebrangi laut yang menjadi pagar pembatas dirinya dengan mimpi-mimpinya.

Bagaimana kelanjutanya? Bagaimana cara si bocah mengejar impianya? Siapakah saja yang akan ditemui oleh si bocah dalam perjalananya? Kenapa Paulo Coelho memilih judul “sang alkemis”?
Kalau saya ceritakan semua disini malah gak asik donk, coba cari bukunya di toko buku kesayangan anda, hehe., kalau saya lebih senang di pasar senen, buku-buku bekas dan langka banyak loh.,*promosi.
Nah untuk sedikit bocoran, banyak sekali ilmu, pelajaran yang dapat diambil dari buku ini, mulai dari filosofi, cara pandang kita pada suatu hal, legenda pribadi, dan cara kita menentukan sikap terhadap mimpi yang kita miliki. Mungkin dapat saya akhiri saja dengan sebuah kutipan pendek dari “sang alkemis” yang sudah sangat populer,
“Saat Kamu Menginginkan Sesuatu, Maka Seluruh Alam Semesta Akan Membantumu Untuk Meraihnya”
Terimakasih sudah membaca artikel ini dan tetaplah BERMIMPI ! ^.^
NB: ini artikel pertama penulis. Hehe.

Resensi :
M.Irham

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.