Selangkah lebih dekat bersama anak Turgo

Minggu, 27 Oktober 2013
Turgo, Sleman

Hari minggu ini, seperti biasa, para volunteer jendela jogja dengan penuh semangat dan antusias menyambut minggu pagi untuk kembali berkumpul, bermain dan belajar dengan anak-anak dan jendelist yang lain. Namun, untuk minggu ini kita tidak berkumpul di Sapen, tujuan tempat berkumpul kita kali ini yaitu di Turgo. Nah, judul kegiatan komunitas jendela hari ini adalah PDKT (pendekatan) jendelist dengan anak-anak Turgo, Lereng Merapi.
Hari ini kita (para jendelist jogja) berkumpul lebih pagi dari biasanya. Kita berkumpul pukul 07.30 WIB di jalan Kaliurang km 14, tepatnya di depan kampus UII. Ketika saya sampai di tempat berkumpul sekitar pukul 07.40 WIB, ternyata di sana baru ada Kak Heri dan Kak Vega yang sedang menunggu. Beberapa jendelist yang lain ada yang sedang mempersiapkan perlengkapan untuk acara hari ini, ada juga yang masih dalam perjalanan. Karena tempat berkumpul kita kali ini cukup jauh dari masing-masing kost sebagian besar jendelist, jadi kita baru bisa berkumpul semua sekitar pukul 08.00 WIB. Dan ternyata kakak jendelist yang ikut cukup banyak, ada Kak Heri, Kak Vega, Kak Sela, Kak Ari, Kak Puput, Kak Mika, Kak Restu, Kak Azri, Kak Iut, Kak Boy, Kak Rofik, Kak Putri, Kak Oci, Kak Annisa, Kak Ajeng, Kak Andi, dan Kak Hono. Setelah semua kakak jendelist datang, kita langsung cap cus menuju ke TKP (alias Tempat Kegiatan PDKT) di Turgo.

Sampai di Turgo, tepatnya di Halaman Paud Darus Selamat, anak-anak sudah berkumpul dan menyambut kakak-kakak jendelist dengan ceria. Kita pun merasa sangat senang melihat semangat dan keceriaan anak-anak di Turgo untuk mengikuti kegiatan Jendela kali ini. Waktu sudah menunjukkan pukul 09.05 WIB, kegiatannya pun langsung dimulai. “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, itulah istilah yang disebut Kak Rofik saat membuka acara, jadi kegiatan yang pertama yaitu perkenalan dengan anak-anak Turgo. Dengan duduk melingkar di halaman Paud, satu persatu harus memperkenalkan diri, dimulai dari kakak-kakak jendelist lalu dilanjutkan anak-anaknya. Tidak kalah dengan kakak jendelistnya, anak-anak Turgo yang ikut kegiatan hari ini pun cukup banyak. Setelah perkenalan, nama dari anak-anak yang saya ingat ada Himawan, Guntur, David, Dwi, Ikhlas, Marchel, Tomi, Epin, Rara, Lala, Tyas, Tia, Septi, Selfi, Afifah, Amel, Fani, Rahma dan masih banyak yang lainnya yang saya lupa namanya. Usia mereka juga berbeda-beda, ada yang paling kecil yang masih paud, hingga yang paling besar kelas 6 SD.

1

Selesai sesi perkenalan, istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan acara PDKT jendelist dengan cara bermain bersama. *Asiik.. . Kita membuat lingkaran dengan bergandengan tangan antara anak-anak dan kakak-kakak jendelist. Untuk permainan pemanasannya yaitu Hoki Poki yang di pimpin oleh Kak Mika dan Kak Sela. Anak-anak terlihat begitu tertarik dengan permainan yang baru mereka kenal ini. Lalu dilanjutkan bermain Tupai dan Pohon yang dipandu oleh Kak Andi. Selanjutnya yaitu ada permainan yang disebut Kapal Perjuangan oleh Kak Boy sebagai pemandunya. Belum cukup dengan permainan-permainan tersebut, permainan berikutnya justru dari anak-anaknya lah yang bersemangat mengajak kakak-kakak jendelistnya untuk bermain dengan ide permainan mereka. Tyas dan Rahma memimpin permainan Ular Naga, yang panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar selalu kian kemari, umpan yang lezat, itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang..*hap.tangkap. (eh malah nyanyi,terlalu bersemangat nih.hehe). Lalu Tyas (lagi) dan Selfi yang masih bersemangat 45 memimpin dua permainan ide mereka sendiri, yaitu permainan Donal Bebek dan Domikado. Permainan dari ide anak-anak yang dipimpin oleh anak-anak itu sendiri ternyata tidak kalah seru. Anak-anak dan kakak-kakak jendelist tidak kenal lelah dan tetap bersemangat sampai waktu pulang tiba. *Wuiiih… Luar Biasa .

2
Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB, itu berarti saatnya anak-anak Turgo harus pulang ke rumah mereka masing-masing. Dan akhirnya kakak-kakak jendelist harus mengakhiri kegiatan dan kebersamaan kita pada hari ini. *Yaaahh… . Eitss, tapi jangan sedih, Insyaallah secepatnya kita akan kembali ke Turgo untuk bermain dan belajar bersama di lain kesempatan. Nah sebelum anak-anak pulang, mereka diberi snack dan minum yang tentunya membuat anak-anak tambah senang . Dan yang terakhir, tidak lengkap tentunya tanpa adanya sesi foto bersama untuk dokumentasi dan kenang-kenangan berkumpulnya hari ini. Setelah foto bersama, anak-anak yang sudah merasa capek langsung bergegas menuju rumah masing-masing. *sampai jumpa..
3
Sebelum kakak-kakak jendelist juga ikut pulang, kita mampir ke Taman Baca Turgo yang tidak jauh dari Paud Darus Selamat. Di taman baca kita bertemu dengan beberapa anak sedang membaca buku. Kita sangat senang, ternyata Taman Baca Turgo yang kita bangun selama ini benar-benar dimanfaatkan. *Alhamdulillah.. Berhubung waktu sudah siang, kita langsung bersih-bersih dan mengemas Taman Baca dengan menambah sedikit properti. Setelah semua agenda dilaksanakan, akhirnya kita semua pulang kembali ke kost masing-masing dengan rasa senang dan puas.
Nah, cukup sekian dulu cerita volunteer kali ini. Semoga kita selalu semangat dan tulus ikhlas berbagi kepada orang-orang di sekitar kita dengan penuh rasa cinta.  *art

4
By : aritri wd (jendelist jogja)

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.