Semarak Kemerdekaan Bersama Jendela Jakarta

Sabtu, 18 Agustus 2018

Melibatkan relawan dan adik-adik, perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun 2018 dilakukan di Perpustakaan Serpong dengan dua kegiatan utama, yaitu; Lomba 17an dan Bazaar. Nilai-nilai keberagaman, kebersamaan, dan perjuangan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan menjadi pengalaman luar biasa bagi panitia dan peserta acara.

Di awali dengan upacara bendera pukul 07.30 WIB, adik-adik yang bertugas berhasil melakukan tugasnya masing-masing dengan sangat baik. Melampaui batas diri untuk dapat tampil dengan maksimal di depan umum, menjadi dasar yang kuat bagi kepercayaan diri mereka kedepannya. Fokus utama kegiatan kali ini adalah kerja keras tim dan semangat rasa kemerdakaan yang menjadi atmosfer hari itu. Ketulusan kakak relawan, dan kemauan keras adik-adik untuk berusaha mencapai tujuannya, digambarkan dengan kolaborasi solid dalam setiap permainan yang dihadirkan di lapangan Perpustakaan Serpong hari itu.

Perlombaan balap kelereng, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba estafet air, lomba tusuk balon berisi air, lomba memasukkan pensil ke dalam botol, permainan joget balon, permainan banteng, satu persatu bergantian mengisi cerita dalam perayaan kemerdekaan kali ini.

Bersamaan dengan kegiatan itu, juga dibuka Bazaar yang dihadiri oleh warga sekitar. Ibu-ibu, bapak-bapak, tua, muda, dapat menjadi bagian dari keriuhan Bazaar yang menyajikan kebutuhan sandang dengan harga terjangkau. Seluruh barang yang dijual merupakan donasi dari berbagai pihak, yang mana hasil penjualan akan digunakan untuk operasional kegiatan Komunitas Jendela Jakarta.

Antusias masyarakat terutama orang tua adik-adik, menjadi penyemangat bagi relawan yang menjaga stand. Kehadiran Bazaar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan di mana Komunitas Jendela Jakarta menjalankan kegiatannya, sehingga support dari masyarakat akan menjadi salah satu dukungan bagi kelangsungan Komunitas Jendela Jakarta kedepannya.

Keakraban juga menjadi salah satu nilai tambah ketika makan siang bersama antara adik dan kakak relawan dengan menggunakan daun pisang yang berjejer rapih membentuk barisan di sisi teduh lapangan.

Tentunya, kegiatan sederhana yang dihadirkan oleh Jendela Jakarta ini dapat menjadi bagian dari kontribusi komunitas ini untuk berbagi dan menyebarkan manfaat kebaikan bagi lingkungan dan generasi Indonesia mendatang.

Kesederhanaan dalam kekhidmatan.

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Semangat memajukan bangsa, dengan karya nyata dalam setiap langkah penuh syukur.

Merdeka!!

Salam,

Jendela Jakarta

(mj)

Leave a Reply