Story Telling – Jakarta

Story Telling

Sabtu, 8 Juni 2013 …DSC_0423

Saya dan Kak Fatyah diberi amanat untuk menjadi PJ di perpus Jendela. Tema hari ini adalah Story Telling. Awalnya kami ingin memakai boneka sebagai alat peraga, namun karena boneka yang tersedia terbatas, akhirnya kami (Saya dan Kak Fatyah) memutuskan untuk menggunakan gambar sebagai media peraga sekaligus supaya adik-adik bisa berimajinasi dengan cerita dan gambar tsb.

Saya membacakan narasi dan Kak Fatyah menggambar tokoh – tokoh berikut setting tempatnya. Kami bercerita tentang The Golden Goose (Angsa Emas), cerita ini kami dapatkan dari internet. Selama kami bercerita, adik-adik mendengarkan dengan seksama.

Setelah kami bercerita, kami memberi giliran kepada adik-adik untuk menceritakan kembali cerita tsb, hal ini untuk mengetahui kemampuan mengingat mereka. Kemudian Kholifah dan Yuni menceritakan ulang.

Selanjutnya kami menyuruh mereka untuk memillih satu cerita yang mereka tau dan kemudian diceritakan di depan adik-adik dan kakak-kakak yang lain. Mereka memilih cerita Malin Kundang. Saya bertugas membacakan narasinya, sedangkan Kholifah, Yuni dan Anis berperan sebagai Ibu Malin, Malin, dan Istri Malin.

Setelah istirahat kami bermain di luar perpus, dan Kak Fatyah berinisiatif untuk membuat cerita dengan menggunakan tokoh – tokoh binatang (Sapi yang bijaksana, Burung Hantu yang baik hati, dan Gajah yang sombong). Kemudian saya, Kak Deni, dan Kak Tyo memperagakan boneka-boneka tangan sebagai media bercerita. Adik-adik cukup antusias untuk menyimak dan setelahnya mereka bergantian untuk memperagakan ulang apa yang kami ceritakan.

Sambil mendengarkan teman-teman mereka bercerita, adik-adik yang lain ada yang menggambar, mewarnai, dan belaDSC_0422jar untuk ujian sekolah esok harinya.

Oh ya, hari ini kita juga kedatangan Kak Aulia dari komunitas Merah Putih. Sekedar info aja, komunitas merah putih juga merupakan komunitas yang memberikan pendidikan kepada anak-anak yang kurang beruntung, namun lebih mengedepankan pendidikan karakter dan anak-anak yang mengikuti komunitas ini usianya lebih dewasa (antara 10-17thn). Kak Aulia datang ke perpus manggarai untuk riset bahan tulisannya gitu, dia dapet tugas buat nulis 10 komunitas di jabodetabek dan Jendela Jakarta termasuk salah satunya lhooo !! jadi bakal ada buku yang memuat komunitas kita. J

Demikian kegiatan kami hari ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semuanya terutama adik-adik. Dengan tulisan ini saya hanya ingin menjelaskan bahwa para orang tua bisa mendidik adik-adiknya dengan bercerita, karena selain menambah wawasan mereka cerita juga bisa meningkatkan daya imajinasi anak. Tentunya kita juga harus pandai memilih cerita yang sesuai untuk usia anak.

Terima kasih untuk adik-adik Manggarai dan kakak-kakak Jendelist, hari ini sangat berkesan sekali.

-Wenny Indriani-

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.