Tata Surya dan Sekitarnya

“Antri dari sekarang, jangan ditinggal. Nanti dapetnya pertunjukan yg jam 3”, seru seorang Bapak setibanya kami di pintu loket Planetarium Jakarta pada Sabtu 7 Juli 2018 pukul 09.15 WIB.

Sebelumnya kami sudah cari informasi melalui halaman website Planetarium, di sana tertera bahwa pertunjukan pertama dimulai pukul 10.00 WIB, namun saat kami tanya petugas di lokasi ternyata pertunjukan pertama dimulai pukul 08.00 WIB. Karena masing-masing orang dibatasi untuk jumlah pembelian tiket, 1 orang maksimal 4 tiket, akhirnya aku, Kak Venni, dan Kak Jundrei antri tiket untuk adik-adik dan kakak relawan yang lain.

Meskipun tiket baru akan dikasih pukul 11.00 WIB, kami tetap harus antri. Sambil menunggu antrian tiket, adik-adik kelas B dan C yang ikut kegiatan One Day Trip hari itu (Yuni, Olifa, Adit, Anis, Regi) ditemani Kak Una keliling Planetarium untuk melihat-lihat pameran dan benda koleksi tentang tata surya. Karena saat itu penuh dengan pengunjung dan tidak ada guide dari pihak Planetarium, banyak istilah dan nama benda langit yang membuat mereka bingung.

Pertunjukan masih lama, akhirnya adik-adik keluar Planetarium terlebih dahulu tepatnya ke depan area XXI Taman Ismail Marzuki sambil melihat pertunjukan tari Bali. Adik-adik sangat excited melihatnya. “Aku cuma mau kasih bekalnya ke Ka Anis, soalnya Ka Anis doang yang dari tadi ga ngeledekin aku”, seru Adit saat membuka bekalnya yang lumayan banyak. Karena Olifa, Yuni dan Regi tidak membawa bekal, akhirnya mereka mencari makan di sekitar.

Satu jam kemudian tepatnya pukul 12.00 WIB, kami baru masuk ke ruang pertunjukan. Di dalam ruang pertunjukan adik-adik terlihat sangat bersemangat, “enak Kak, kaya bioskop”, seru salah satu adik. Pertunjukan dimulai, semua lampu dipadamkan, adik-adik bertepuk tangan saat di sekelilingnya muncul banyak bintang. Saat sesi rasi bintang, adik-adik sangat bersemangat mencari gambar zodiak mereka dan bertepuk tangan setiap gambar zodiaknya muncul. Selesai sesi simulasi menaiki roket mengelilingi planet, “Ada yang mabok ga?” tanya pemandu, serentak adik-adik menjawab “engga dong”. Saat penjelasan tentang planet Venus yang memiliki kecepatan mengelilingi matahari lebih cepat dari Bumi, jika kita tinggal di Venus bisa ulang tahun 2,5 bulan sekali, salah satu adik nyeletuk “enak dong, ulang tahun terus. Eh tapi jangan deh, ntar cepet tua”.

Setelah menonton pertunjukan, sekitar pukul 13.00 WIB kami kembali ke Perpustakaan Manggarai dan tiba sekitar pukul 13.30 WIB. Adik-adik sempat merasa bosan saat harus antri 2 jam sebelum masuk ke ruang pertunjukan. Karena adik-adik kelas B dan C sudah cukup besar, sepertinya wisata ke Planetarium sudah tidak cocok dan sudah terlalu sering dikunjungi, semoga kegiatan One Day Trip selanjutnya bisa berkunjung ke tempat wisata edukasi yang lebih mengembangkan minat dan bakat mereka. (mj/tria)

Leave a Reply