Tempat Baru Semangat Baru

PicsArt_01-26-08.48.38

Selamat pagi. . .

Pagi yang cerah di minggu ketiga bulan Januari. Hari ini hari pertama aku mengikuti kegiatan Jendela, waktu sudah menunjukkan pukul 09: 00 WIB saatnya bergegas menuju Bakung tempat adik-adik jendelis belajar.  Hari ini juga hari pertama kegiatan jendela pindah ketempat yang baru. Tidak jauh dari tempat belajar sebelumnya,  tempat yang lebih nyaman dan semoga di tempat yang baru ini kakak-kakak dan adik-adik Jendela Lampung menjadi lebih semangat lagi untuk saling berbagi. Aamiin

Kegiatan dimulai dengan Ice breaking senam Gemu Fa Mi Re  yang di pandu oleh kak Tri. Dengan sigap adik-adik jendelis langsung mengambil posisi barisan.
Terlihat sekali keceriaan adik-adik jendelis dalam melakukan gerakan. Benar kata orang, “Bahagia itu gak harus Mahal” Melihat anak-anak ini tertawa lepas sudah menjadi “mood boster” tersendiri untuk kami.  Hari ini kami mengambil tema pengenalan Bahasa Inggris. Peserta di bagi menjadi 2 kelompok, untuk adik-adik PAUD, kelas 1 dan 2 di ajarkan nama-nama hewan. Sedangkan kelas 3 keatas di ajarkan pengenalan anggota tubuh dan silsilah keluarga dalam bahasa Inggris.

Seperti biasa sebelum memasuki kegiatan inti, adik-adik jendelis diberi waktu 15 menit untuk memilih buku dan membacanya.  Awalnya aku canggung (kurang PD dengan kemampuanku) untuk berbaur dan memilih hanya memperhatikan

kakak-kakak yang lain mendampingi adik-adik dengan seksama.  “Kak bacain ini kak”, ucap salah seorang anakPicsArt_01-26-08.42.02 kepadaku sambil menunjukkan bukunya.
Namanya Joni, kelas 1 SD usianya sekitar 7 tahun. Anak yang lincah, ceria dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.  Melihat semangat Joni membuatku memberanikan diri untuk mendampinginya,  “Joni saja semangat, masa akunya gak semangat” pikirku.

Secara keseluruhan Kegiatan berjalan Dengan lancar dan “taraaaaaa. . .” Kegiatan penutup pun dimulai. Kegiatan yang paling di tunggu oleh adik-adik jendelis, menyanyi Bahasa Inggris bersama.  Ada 3 lagu yang di putar yaitu Alphabet, Happy Birthday dan The Finger Family yang dipandu oleh Kak Ardi dan Kak Deary.  Suara musik dan gemuruh para jendelis menambah keceriaan hari ini, menjadi  pengalaman dan pembelajaran yang berharga untukku.

Buku adalah Jendela dunia, dan Anak-anak adalah generasi emas sebuah bangsa. Kita semua berharap ditangan anak-anak ini nanti lah Indonesia akan terus maju menjadi negara dengan sumberdaya manusia nya yang lebih produktif dan beradab.Semoga Semangat berbagi ini tetap terjaga di dalam hati kita semua.
Satu kata untuk hari ini “Menyenangkan”!

PicsArt_01-18-09.47.21

by: Melza Fitriani

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.