Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela

Judul : Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela

Judul asli :  窓ぎわのトットちゃん(Madogiwa no Totto-chan)

Pengarang : Tetsuko Kuroyanagi

Penerbit : Kodansha Publisher Ltd.

Genre : Sastra anak-anak novel autobiografi

 

 

Sinopsis :

Ibu Guru menganggap Totto-chan nakal, padahal gadis cilik itu hanya punya rasa ingin tahu yg sangat besar. Karena keingintahuan Totto-chan yang besar, dia suka sekali berdiri di depan jendela selama pelajaran berlangsung. Mengapa? Supaya bisa memanggil para pemusik jalanan. Selain itu Totto-chan gemar membuka dan menutup mejanya ratusan kali. Yah tentunya akan mengganggu kelas kan ya. Gurunya pun sudah tak sanggup mengurusi si Totto, yang akhirnya harus mengeluarkan Totto dari sekolah ! Ibu mana yang tak sedih melihat anaknya dikeluarkan dari sekolah saat baru saja masuk sekolah. Sungguh aneh, baru kelas 1 SD sudah dikeluarkan dari sekolah.

Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Dan tentu saja Totto-chan girang sekali. Kenapa? Di sekolah itu para murid belajar di gerbong kerea yang dijadikan kelas. Ia bisa belajar sambil menikmati pemandangan diluar gerbong dan membayangkan sedang melakukan perjalanan. Mengasyikkan sekali bukan?

Di Tomoe Gakuen, para murid juga boleh mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. Ada yg memulai hari dg belaja fisika, ada yg mendahulukan menggambar, ada yg ingin belajar bahasa dulu, pokoknya sesuka mereka. Walaupun belum menyadari, Totto-chan pun tidak hanya belajar fisika, berhitung, musik, bahasa dll disana. Ia juga mendapatkn bnyk pelajarn berharga ttg persahbatn, rasa hormat & menghargai orang lain serta kebebasn menjd diri sendiri.

 

by : Nita Maria R

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.