Wayang : Tak Kenal Maka Tak Sayang

Lokasi : Museum Wayang, Kota Tua, Jakarta

Lahir dan tumbuh di kota besar yang telah menerima banyak akulturasi budaya modern, tidak menyurutkan ketertarikan adik-adik Jendela Jakarta untuk mengenal budaya asli bangsanya.

Sebanyak 17 adik-adik dari 3 perpustakaan Jendela Jakarta, pada Minggu pagi sudah berkumpul di depan Museum Wayang, kawasan Kota Tua Jakarta. Semuanya antusias untuk mengikuti One Day Trip kali ini. Meskipun perjalanan jauh dari rumah masing-masing, namun ketika diberikan tantangan berupa soal-soal yang harus ditemukan jawabannya selama mengunjungi museum, adik-adik tetap antusias menelusuri setiap petunjuk yang diberikan.

Mulai dari mencari tahu jenis wayang, membedakan wayang golek dan wayang kulit, melihat berbagai contoh wayang, mengenal cerita wayang populer, hingga menonton pertunjukkan wayang secara langsung. Tidak hanya mencari jawaban, adik-adik juga akan berbagi kisah perjalanan ini kepada teman-teman lainnya di perpustakaan. Harapannya, kecintaan pada budaya asli Indonesia akan tertanam dan menyebar di generasi muda sehingga budaya tidak akan hilang begitu saja. Bahkan ada banyak nilai luhur yang tersirat di balik cerita-cerita wayang di Indonesia.

Jadi, siapa lagi yang mau ikut melestarikan budaya? Yuk bergerak bersama!

Leave a Reply

ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.
ARE YOU READY? GET IT NOW!
Increase more than 500% of Email Subscribers!
Your Information will never be shared with any third party.