FESTIVAL DONGENG INTERNASIONAL INDONESIA

Jika mendengar kata museum, pasti yang terbayang adalah berbagai macam barang peninggalan masa lalu yang sudah cukup tua dan usang. Padahal di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, perlu daya tarik khusus untuk membuat anak-anak tertarik mengunjungi museum.

Salah satu cara menarik yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan di dalam museum. Seperti kegiatan Festival Dongeng Internasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Ayo Dongeng Indonesia di Museum Nasional Jakarta pada hari Minggu 4 November 2018.

Sebanyak 11 adik kelas A Perpus Sungai Bambu Komunitas Jendela Jakarta mengikuti kegiatan tersebut dalam program One Day Trip. Keseruan bermula dari menyimak dongeng tentang Jerapah dan Kelinci. Nilai moral yang ditunjukkan sedikit demi sedikit ditanamkan dengan cara ringan dan menarik agar mudah dipahami oleh adik-adik yang masih membutuhkan pendampingan. Setelah selesai menyimak dongeng, adik-adik berkeliling museum untuk menjelajah berbagai warisan budaya Indonesia sejak zaman prasejarah.

Kakak-kakak relawan yang mendampingi cukup kewalahan loh karana mengikuti keaktifan adik-adik dalam menjelajah isi museum. Tentunya ini menjadi satu hal yang positif melihat ketertarikan adik-adik terhadap museum. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk membantu memilih informasi yang dapat dimanfaatkan oleh adik-adik yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan mereka.

Salam jelajah ????

(mj)

Leave a Reply