“MESIN WAKTU” (MAKRAB KOMUNITAS JENDELA JAKARTA 2018)


Kedekatan antar relawan dan menyatukan visi misi adalah kunci utama merekatkan dan meningkatkan kinerja sebuah komunitas. Berkat sinergi yang baik, visi-misi komunitas dapat terealisasi. Untuk menghadirkan “sinergi” di dalam komunitas, khususnya Komunitas Jendela Jakarta, tentunya semua relawan perlu mengenal satu sama lain secara lebih mendalam. Sementara itu, pengenalan jati diri antar relawan merupakan proses yang membutuhkan waktu tak singkat. Oleh karena itu, Jendela Jakarta mengadakan Malam Keakraban dengan mengusung tema “Mesin Waktu”selama 2 hari 1 malam, yang dimulai pada Sabtu 10 November 2018 di Griya Alam Ciganjur, Depok Jawa Barat.

Dalam pembukaan, Ali selaku Koordinator Utama Komunitas Jendela Jakarta menyampaikan inti dari kegiatan malam keakraban, “Makrab ini dimaksudkan untuk memperkuat ikatan alias bounding antara Relawan ke Relawan lainnya”.

Selain itu, Aini selaku Ketua Kegiatan Makrab Jenjak 2018 juga menuturkan apa yang menjadi harapannya dengan berlangsungnya acara ini. “Malam keakraban tak hanya menghibur para pesertanya. Diharapkan dengan adanya makrab ini, para peserta juga bisa memaknai apa yang menjadi inti daripada sebuah malam keakraban”, tutur Aini.

Tujuan diselenggarakannya Makrab ini adalah agar Makrab Jenjak 2018 bukan sekedar acara biasa pada umumnya, namun bisa dijadikan sebagai refleksi dari Relawan untuk Relawan. Di samping bisa mendekatkan keakraban antar relawan, makrab juga berperan penting untuk mendewasakan para pesertanya.

Sesi pertama makrab dibuka dengan Ice breaking yang dipimpin oleh Ka Dega dan Tiara yang juga bertindak selaku MC. Makrab diikuti oleh 50 (lima puluh) orang peserta. Setelah ice breaking dilanjutkan acara Games yang diadakan tak hanya untuk menghibur, namun juga memberikan nilai-nilai moral seperti yang terkandung dalam Komunitas Jendela. Melalui games ini, semua Peserta diharapkan mampu memupuk nilai caring, credible, competent, dan competitive, serta memupuk nilai keadilan dan toleransi yang tinggi.

Sesi berikutnya, yaitu Book of Questions dan sharing. Pada sesi ini peserta diajak untuk saling mengenal, yang kalah akan menjawab pertanyaan dalam “Book of Question”. Kemudian sesi ini ditutup dengan acara Love and Star, di mana setiap peserta akan memberikan kertas berbentuk love sebagai ungkapan permintaan maaf dan star sebagai ungkapan terima kasih kepada sesama peserta. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan dan pengalaman mereka saat menjadi relawan Komunitas Jendela Jakarta. “Saat menjadi volunteer Komunitas jendela jakarta, suasana keakraban itu nyaris belum terjalin. Hal itu dikarenakan waktu yang sangat singkat bagi semua anggota untuk saling bertemu dan tidak adanya waktu khusus untuk saling berbagi (sharing) satu sama lain. Saat itu, komunikasi antar anggota pun masih belum terjalin dengan baik. Hal ini bisa dilihat pada sulitnya pengajar yang datang di Komunitas Jendela Jakarta pada setiap minggunya”, ungkap salah satu peserta.

Tak hanya itu, setiap peserta makrab juga dipersilakan menyampaikan pengalaman dan kesan pesan saat menjalani kegiatan sebagai relawan di Komunitas Jendela Jakarta. Diharapkan setelah acara makrab ini masing-masing Relawan Komunitas Jendela Jakarta mampu berinteraksi dengan baik antar relawan juga terhadap adik-adik.

Usai sesi sharing dilanjutkan sesi refleksi bagi seluruh peserta Makrab. Masing-masing Peserta diminta untuk merenung dan mengulas kembali alasan mereka bergabung ke dalam Komunitas Jendela Jakarta. Kemudian masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yang menjadi harapannya secara pribadi kepada seluruh relawan Komunitas Jendela Jakarta. “Kesuksesan Komunitas Jendela Jakarta tidaklah berasal dari satu atau beberapa orang saja, namun program kerja tersebut berasal dari ide kita semua. Oleh karena itu, kita perlu fokus dalam menjalankannya”, ujar salah satu peserta. Panitia acara Makrab berharap relawan generasi berikutnya mampu fokus terhadap program didik adik-adik di masing-masing perpustakaan dan mampu memupuk kedekatan sesama relawan.

Semoga setelah acara Makrab ini energi baik dari masing-masing peserta selalu terasa sampai kapan pun.

Salam Panitia Makrab. (mj/aini)

 

 

 

 

Leave a Reply