Minggu Ceria Bersama Adik-Adik Tercinta

Bertemu lagi di hari Minggu, seperti biasa para relawan Jendela Lampung mengadakan agenda rutin di Rumah Baca yang bertempat di daerah Bakung. Sebelum memulai agenda, kami mengajak adik adik untuk berdoa terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Untuk membuat suasana kegiatan belajar mengajar minggu ini menjadi menyenangkan dan bersemangat, kami pula mengajak adik adik untuk melakukan ice breaking yang terdiri senam Gummy Bear, Aram Zamzam, dan senam pinguin. Selama berlangsungnya ice breaking, terlihat adik adik sangat menikmatinya. Tak sedikit pula adik adik yang sambil tertawa dan berjoget dengan asyiknya.

Setelah ice breaking, adik-adik dikelompokkan berdasarkan kelasnya yang terdiri dari kelas 0-2 SD, kelas 3-4 SD, kelas 5-6 SD dan kelas SMP. Pengelompokan ini bertujuan untuk memfokuskan adik adik dalam kegiatan membaca buku, sebelumnya para relawan sudah menyiapkan buku bacaan yang sesuai dengan tingkatan kelasnya.

Untuk kelas 0-2 diberikan buku bacaan yang berisi tentang alfabet, dan buku buku yang penuh dengan gambar dan warna yang akan membuat adik adik tertarik untuk membacanya. Sedangkan untuk kelas 3 SD sampai dengan SMP diberikan kebebasan untuk memilih sendiri buku bacaan yang mereka inginkan dan setelah selesai membaca mereka diwajibkan untuk menyusun kembali buku tersebut di lemari yang sudah disediakan. Peraturan ini bertujuan melatih adik adik untuk belajar disiplin dan bertanggung jawab. Kegiatan membaca buku ini pula bertujuan untuk meningkatkan minat baca adik adik.

Setelah kegiatan membaca buku selesai, dilanjutkan dengan kegiatan yang sangat inti yaitu kegiatan formal dan informal. Kedua kegiatan ini adalah kegiatan belajar mengajar seperti biasa antara adik adik dan para relawan, hanya saja untuk kegiatan informal diselingi dengan permainan yang dapat meningkatkan pemahaman adik adik.

Pada pembelajaran minggu ini, adik adik kelas 0-2 SD belajar untuk mengenal abjad dan angka dengan cara menyebutkan alfabet dari A sampai dengan Z dan sebaliknya. Sedangkan untuk kegiatan informal, para relawan sudah menyiapkan permainan Compel (Cocok Tempel). Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman adik adik terhadap huruf alfabet dan angka dengan cara mencocokkan lanjutan dari huruf alphabet dan angka sebelumnya, untuk kemudian ditempel pada media yang telah disediakan.

Hasil dari kegiatan formal dan informal minggu ini khususnya untuk kelas 0-2 SD yaitu sebagian besar adik adik sudah mulai hapal dan paham macam macam huruf alfabet dan angka.

Elza Cika

Leave a Reply