Pengenalan Panca Indra

 Kembali lagi di kegiatan mengajar di Jendela Lampung hari Minggu, 8 Desember 2019. Di mana langit pada hari itu sangat cerah dan para relawan mengajar dengan sukacita. Dan ini pertama kalinya saya datang ke rumah baca :). Rasa lelah  tidak mematahkan semangat para relawan untuk mengajar para adik-adik . ”Minggu pertama mengajar dinilai sangat seru dan menarik, adik-adiknya sangat ceria dan penurut,” ucap saya kepada kakak relawan lainnya. Saya menganggap adik-adik Jendela Lampung banyak yang sudah pandai dalam membaca.

Tema pembelajaran minggu ini yaitu pengenalan panca indra. Adik-adik dikenalkan dengan 5 panca indra beserta fungsi dan kegunaannya. Sebelum masuk ke tema pembelajaran, adik-adik Jendela Lampung melakukan doa, menyanyikan Indonesia Raya,  dan melakukan ice breaking. Kemudian dilanjutkan dengan sesi wajib yaitu membaca buku. Ini adalah pengalaman pertama saya membacakan buku kepada anak-anak, tentunya ini membuat saya grogi. Namun tatapan hangat mereka dan telinga yang mendengarkan dengan serius membuat grogi saya menghilang.

Setelah membacakan buku, saatnya masuk ke tema pembelajaran yaitu pengenalan panca indra. Beberapa adik-adik sangat antusias dan penuh semangat saat kakak relawan memberikan penjelasan tentang fungsi dan kegunaan alat indra pada tubuh manusia. Kegiatan ini sangat menyenangkan, terlebih setelah pembelajaran kami memberikan sesi kuis kepada adik-adik tentang panca indra dan siapa yang menjawab dengan benar, mereka akan diberikan hadiah. Senang rasanya melihat mereka bahagia dan tersenyum.

Setelah dua jam berakhir kami semua berdoa bersama dan bersalaman antar kakak-kakak dan adik-adik. Ini adalah penutup akhir pekan saya yang menyenangkan. Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengenal Komunitas Jendela Lampung ini.

Salam dari saya, Melani Okta.

Leave a Reply