CgPONZiUkAAS1jv

Site Map

Komunitas yang terbentuk dan berpusat di Yogyakarta. Komunitas Jendela dikelola dan digerakkan oleh para volunteer yang berasal dari berbagai daerah. Mereka berasal dari berbagai latarbelakang dan bekerja secara sukarela. Fokus kegiatan kami pada segi pengembangan pendidikan anak terutama pada minat baca anak.

Bermula dari kegundahan hati sekelompok pemuda yang melihat rendahnya minat baca anak-anak serta tidak tersedianya tempat bermain dan perpustakaan yang layak pasca erupsi merapi 2010 silam, lahirlah gagasan membuat suatu komunitas baca yang diberi nama Komunitas Jendela. Nama komunitas ini sendiri berasal dari kata ‘buku’ yang memiliki arti filosofis “Jendela Dunia”.

Komunitas Jendela Jogja resmi berdiri pada 12 Maret 2011 dengan tujuan menumbuhkan minat baca buku sedari dini pada anak-anak dan membuka wawasan anak melalui media buku. Komunitas Jendela Jogja dikelola dan digerakkan oleh para relawan yang berasal dari berbagai daerah di Yogyakarta. Terjun ke dunia komunitas dengan sebagian besar berinteraksi dengan anak – anak menjadi tantangan tersendiri bagi Komunitas Jendela Jogja. Apalagi dengan segala stigma tentang anak – anak yang lekat akan nakal, moody, dan menyebalkan membuat baru sedikit kalangan anak muda yang sadar dan mau mendedikasikan diri untuk ini. Keadaan demikian justru membuat Komunitas Jendela Jogja semakin bersemangat untuk menularkan semangat perubahan, dan sekarang memasuki tahun keenam kepengurusan, Komuniats Jendela Jogja berusaha untuk mempromosikan minat baca buku mulai membuahkan hasil. Buktinya dengan dibukanya cabang Komunitas Jendela di berbagai daerah selain Yogyakarta, serta dengan bertambahnya pendirian perpustakaan baru di setiap kepengurusan.

Program pertama kami  yaitu membangun perpustakaan untuk anak di Shelter Merapi Gondang 1 Cangkringan dengan melakukan program pendidikan berkelanjutan mendidik anak-anak pengungsi merapi di Shelter Gondang 1 dalam pengelolaan perpustakaan yang telah didirikan.

Komunitas Jendela Jogja pada awalnya dicetuskan oleh Taufan selaku ketua kepengurusan pertama. Tantangan terbesar di periode pertama Komunitas Jendela Jogja adalah mengenalkan apa itu Komunitas Jendela Jogja kepada masyarakat Yogyakarta dan tentunya membujuk anak – anak agar mau datang ke perpustakaan desa binaan. Pada tahun selanjutnya kepengurusan tahun ke tahun adalah kepengurusan kedua Komunitas Jendela Jogja diketuai oleh Nanang, kepengurusan ketiga Komunitas Jendela Jogja diketuai oleh Wawan, kepengurusan keempat Komunitas Jendela Jogja diketuai oleh Boy, kepengurusan kelima Komunitas Jendela Jogja diketuai oleh Ammar, dan pada kepengurusan tahun ini atau kepengurusan keenam, Komunitas Jendela Jogja diketuai oleh Achmad Sofyan.

Pada kepengurusan tahun keenam ini, Achmad Sofyan atau yang biasa dipanggil Uta mempunyai semangat baru. Bersama kelima divisi internal Komunitas Jendela Jogja, yakni Divisi Program, Divisi Relawan, Divisi Danus, Divisi Media, dan Divisi Kerjasama, Komunitas Jendela kali ini siap memberikan terobosan baru bagi anak-anak di desa binaan maupun relawannya, agar Komunitas Jendela dapat lebih baik dari sebelumnya.

Banyaknya anggota Komunitas Jendela Jogja, diharapkan dapat terus meningkatkan kualitasnya agar dapat memberi lebih banyak hal lagi kepada anak anak. Selain itu, peningkatan kemampuan sumbar daya anggota juga perlu dilakukan, guna menunjang kesuksesan kegiatan yang akan Komunitas Jendela Jogja laksanakan. Berbagai pelatihan dilakukan seperti pelatihan kepustakaan, pembuatan majalah, dan pembuatan desain baju atau merchandise Jendela.

Saat ini, Komunitas Jendela di Yogyakarta telah memiliki daerah binaan selain Cangkringan, yakni di Sapen (belakang kampus UIN) dan Ds. Turgo, Pakem (lereng Gn. Merapi). Kegiatan yang kami lakukan tetap pada koridor  pendidikan anak-anak melalui baca dengan berbagai selingan bermain dan workshop serta pendidikan karakter.

CP:

Ketua Koordinator Jogja : Uta +6289697509283
Koordinator Relawan : Azri +6285729057613
Koordinator Public  Relation : Zaky : +6282227246388

Ikuti sepak terjang kami lewat akun media sosial di bawah ini

Instagram-v051916_200   twitter-icon-9   facebook-256